Innalillahi, Raja Pagaruyung Mangkat

Innalillahi, Raja Pagaruyung Mangkat
GUBERNUR DOAKAN RAJA: Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (tengah) mendoakan almarhum Rajo Pagaruyuang di RSUP M Djamil. Foto: Khairian/Padang Ekspres

jpnn.com, PADANG - Ranah Minangkabau berduka. Tokoh adat, Daulat Yang Dipertuan Raja Alam Minangkabau Pagaruyung Darul Qoror, Muhammad Taufiq Thaib Tuanku Maharajo Sakti meninggal dalam usia 69 tahun, Kamis (1/2). Beliau mangkat sekitar pukul 20.05 WIB di RSUP M. Djamil, Padang.

Almarhum sempat berjuang selama 16 hari dalam perawatan dokter di ruang perawatan intensif lantai II RSUP M Djamil Padang. Berdasarkan hasil pemeriksaan ditemukan adanya flak penyumbatan saluran di kepala. Selain itu, ada riwayat sakit jantung dan gangguan saluran pernafasan.

Rencananya jenazah almarhum akan dikebumikan di pandam kuburan Balaijanggo Istana Silinduang Bulan, Pagaruyuang, Batusangkar, Kabupaten Tanahdatar, Jumat (2/2).

Innalillahi, Raja Pagaruyung Mangkat

Muhammad Taufiq Thaib. Foto: ist. Padang Ekspres

Dari pantauan Padang Ekspres di rumah sakit tadi malam, terlihat karib kerabat dan keluarga, Gubernur Sumbar Irwan Prayinto, Wakil Gubernur Nasrul Abit, Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim serta unsur tokoh masyarakat lainnya. Rencana Almahrum sebelum dimakamkan, akan dibawa dahulu ke rumah istrinya di Tiga Batur Limakaum Batusangkar.

"Setelah dilakukan perawatan dengan usaha dari dokter yang maksimal, kehendak Allah lebih berkuasa. Almarhum pergi dengan tenang dan dilepas langsung keluarga," ucap Puti Raudha Thaib, saudara perempuan Sutan Taufiq Thaib.

Dia mengatakan, jenazah almarhum akan dibawa ke rumah istri, Puti Rahma Usman untuk selanjutnya dimakamkan di Istana Silinduang Bulan. Dia mengungkap, Sutan Taufiq Thaib sebelum meninggal sempat menjalani perawatan hampir 16 hari dengan gejala temuan flak di kepala. "Temuan dokter setelah di CT-Scan ada flak di kepala. Beberapa hari sebelumnya, kondisinya sempat membaik," ucap Puti Raudha yang menyebutkan almarhum meninggalkan dua orang anak.

Raja Pagaruyung, Muhammad Taufiq Thaib sempat dalam perawatan selama 16 hari di RSUP M Djamil.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News