Insomnia Tingkatkan Risiko Gagal Jantung

Insomnia Tingkatkan Risiko Gagal Jantung
Insomnia Tingkatkan Risiko Gagal Jantung
LONDON--Orang-orang yang mengalami gangguan dalam tidurnya berpotensi meningkatkan risiko serangan gagal jantung. Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam European Heart Journal atas studi yang diikuti lebih dari 50 ribu orang selama 11 tahun.

Para ilmuwan menemukan, mereka yang menderita gangguan tidur dalam beberapa malam secara otomatis menciptakan suatu kondisi di dalam tubuhnya atas risiko kegagalan jantung akibat kurang baiknya kondisi jantung memompa darah. 

"Banyak hal untuk mengurangi kemungkinan gagal jantung juga mengurangi insomnia, seperti diet yang baik, olahraga, penurunan berat badan dan tidak merokok," ujar Dr Tim Chico Univeristy of Sheffield, seperti dilansir BBC (6/3).

Dijelaskannya, lebih dari 750 ribu orang di Inggris mengalami gagal jantung. Mereka yang menderita gangguan tidur malam, diyakini merasa semakin sesak napas dan kelelahan.

LONDON--Orang-orang yang mengalami gangguan dalam tidurnya berpotensi meningkatkan risiko serangan gagal jantung. Hasil penelitian ini dipublikasikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News