Inspirasi Bung Karno Bagi Milenial

Oleh Benny Sabdo - Pemikir Soekarnoisme & Anggota Bawaslu DKI Jakarta 2022-2027

Inspirasi Bung Karno Bagi Milenial
Pemikir Soekarnoisme & Anggota Bawaslu DKI Jakarta 2022-2027. Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com - “Ir Soekarno adalah orang pertama yang mencetuskan konsep Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Soekarno atau yang lebih dikenal dengan panggilan egaliter, Bung Karno adalah sebagai Bapak Proklamator Republik Indonesia dan Presiden Pertama Negara Kesatuan Republik Indonesia periode 1945-1967.”

Sebuah kehormatan besar bagi saya. Pada kesempatan yang baik ini saya diminta secara khusus oleh Mas Bagyo selaku Ketua Dewan Pimpinan Provinsi Keluarga Besar Marhaenisme Daerah Istimewa Yogyakarta, untuk mengisi Ngaji Marhaenisme pada Minggu malam, 2 Oktober 2022, dengan materi utama dari buku “Di Bawah Bendera Revolusi” Jilid I tentang “Djawab Saja Pada Saudara Mohammad Hatta (hal 207-214).”

Risalah Ir Soekarno bertajuk “Djawab Saja Pada Saudara Mohammad Hatta”. Saya adalah malahan sering-sering mendapat predikat “mabok akan persatuan”, “mabok akan perdamaian”.

Saya cinta sekali akan perdamaian nasional dan selamanya akan membela pada perdamaian nasional itu (Soekarno: 1963, 207).

Memang terhadap pada Sdr. Mohammad Hatta, yang dulu selamanya saya kenal sebagai orang non-cooperator yang 100 persen, saya tak mau dengan gampang-gampang saja berkata bahwa non-koperasi sudah dibuang sama sekali!

Politik adalah taktik dan adalah asas. Saya mengetahui bahwa taktik itu kadang-kadang terpaksa bertentangan dengan asas.

Saudara Hatta itu telah “menjalankan politik yang di dalam hakikatnya melanggar asas non-koperasi.” Karena itu, sekali lagi: seterusnya tolaklah kursi di Den Haag, dan buat ini hari terimalah saya punya silaturahmi!

Sebelum masuk ke dalam materi topik malam hari ini, izinkan saya sedikit berceritera tentang pertautan diri saya dengan Bung Karno.

Bung Karno mengonstruksikan identitas dan karakter bangsa dengan konsep nation and character building yang memberi warna pada semangat kebangsaan Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News