Insyaallah Sore Nanti Kemenag Gelar Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal 1440 H

Insyaallah Sore Nanti Kemenag Gelar Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal 1440 H
Menag Lukman Hakim Saifuddin saat jumpa pers Sidang Isbat Awal Ramadan 1439 H, Jakarta, Selasa (15/5). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat untuk menentukan 1 Syawal 1440 H pada Senin (3/6). Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin akan memimpin langsung sidang isbat yang akan digelar pukul 17.00 WIB itu.

“Sidang isbat awal Syawal akan dilaksanakan pada sore ini pukul 17.00 WIB di Auditorium HM Rasjidi, Kemenag RI, Jl. MH. Thamrin No. 6, Jakarta Pusat,” kata Dirjen Bimas Islam Kemenag Muhammadiyah Amin saat dikonfirmasi, Senin (3/6). Baca juga: 3 Juni, Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal

Menurutnya, sidang isbat itu akan melibatkan berbagai pihak terkait. Antara lain Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Observatorium Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Planetarium, pakar ilmu falak dari berbagai ormas Islam, serta Tim Hisab dan Rukyat Kemenag.

Selain itu, Kemenag juga mengundang Mahkamah Agung (MA) dan para duta besar negara sahabat. “Sidang isbat adalah wujud kebersamaan Kemenag dengan ormas Islam dan instansi terkait dalam menetapkan awal bulan kamariyah, terutama Ramadan, Syawal dan Zulhijah,” ucap Amin.

Lebih lanjut Amin mengatakan, rangkaian sidang isbat akan diawali dengan pemaparan pakar astronomi mengenai posisi hilal berdasarkan hasil hisab. Selanjutnya, akan ada rukyatulhilal pada sore nanti untuk melihat posisi anak bulan sebagai penanda datangnya bulan baru dalam tarikh Hijriah.

“Rukyatulhilal akan dilaksanakan pada Senin sore” tutur Amin. “Laporan itu akan dijadikan dasar pengambilan keputusan penetapan 1 Syawal,” tegasnya.

Setelah magrib, jajaran Kemenag bersama para tamu undangan menggelar sidang isbat secara tertutup yang dipimpin oleh Menag Lukman Hakim. Selanjutnya, Menag Lukman akan menggelar jumpa pers untuk menjelaskan keputusan sidang isbat.

Sebelumnya ormas Islam yang sudah menetapkan 1 Syawal 1440 Hijriah adalah Muhammadiyah. Melalui hisab, ormas islam pimpinan Haedar Nashir itu menetapkan 1 Syawal 1440 H jatuh pada Rabu (5/6).(jpc/jpg)


Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat untuk menentukan 1 Syawal 1440 H pada Senin (3/6) sore.


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News