Internal Fraud di Tokopedia Bisa Terjadi di Tempat Lain

Internal Fraud di Tokopedia Bisa Terjadi di Tempat Lain
Ilustrasi Tokopedia. Foto: Tokopedia

jpnn.com - Tokopedia memecat karyawan yang melakukan tindak kecurangan dalam event flash sale beberapa waktu lalu. Bahkan CEO Tokopedia Willem Tanuwijaya mengakui adanya kejadian tersebut melalui penjelasan dalam akun Instagram-nya.

"Rasanya sangat terpukul dan kecewa ketika mendapati ada beberapa anggota team yang melakukan pelanggaran sebanyak total 49 buah produk dari kampanye promosi Tokopedia," tulis William.

Karyawan yang dipecat itu terbukti terlibat internal fraud di mana mereka melakukan pelanggaran transaksi terhadap 49 produk promosi Tokopedia.

Terkait insiden itu, Ketua Umum iDea Ignatius Untung menjelaskan internal fraud merupakan risiko tak terhindarkan bagi perusahaan mana pun.

Kecurangan yang dilakukan oknum internal, sambung dia, merupakan hal yang lumrah terjadi baik di bisnis online maupun offline yang sedang menggelar program diskon.

”Dari satu juta produk yang didiskon, 49 buah dibeli oleh orang dalam dengan cara yang tidak benar. Nah, perusahaan tersebut lalu mengambil tindakan tegas,” jelasnya dalam keterangan tertulis.

Untung menambahkan perusahaan punya sikap yang berbeda-beda saat terjadi internal fraud. Ada yang memilih diam dan ada pula yang memilih mengambil sikap tegas.

“Saya lihat tindakan tegas Tokopedia justru bagus. Ini justru membuktikan komitmen melindungi kepentingan konsumen sekaligus menjaga kepercayaan dari masyarakat,” terangnya.

Tindak kecurangan dalam event flash sale Tokopedia beberapa waktu lalu bisa terjadi lagi di perusahaan lain

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News