Intervensi Perbaikan Juga Untuk SMP

Intervensi Perbaikan Juga Untuk SMP
Intervensi Perbaikan Juga Untuk SMP
JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) belum bernafas lega meskipun ujian nasional tingkat SMP/sederajat dan SMA/sederajat 2012 sudah tuntas. Tugas berikutnya, memperbaiki kualitas pendidikan di daerah yang jeblok nilai unasnya. Selain untuk jenjang SMA/sederajat, intervensi Kemendikbud juga untuk tingkat SMP/sederajat.

 

Mendikbud Mohammad Nuh menuturkan, daerah-daerah yang memperoleh nilai kurang bagus dalam unas jenjang SMP tidak bisa dibiarkan memperbaiki kualitas pendidikannya sendirian. "Pemerintah pusat tetap berkewajiban membantu mengintervensi peningkatan kualitas pendidikan," katanya.

 

Sejatinya, urusan pendidikan tingkat SMP/sederajat ini bukan menjadi wewenang pemerintah pusat. Tetapi sudah menjadi wewenang pemerintah daerah, dalam hal ini pemkab atau pemkot. Namun, Nuh menegaskan untuk urusan peningatakan kualitas pendidikan tidak perlu terlalu berlebihan memisahkan wewenang itu.

 

Nuh menyebutkan, provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) masih menjadi juru kunci unas di tingkat SMP/sederajat maupun SMA/sederajat. Menurut menteri asal Surabaya itu, pemerintah pusat tidak bisa membiarkan NTT berlari sendiri untuk mengerjar pencapaian daerah-daerah lainnya.

 

JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) belum bernafas lega meskipun ujian nasional tingkat SMP/sederajat dan SMA/sederajat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News