Investasi di Kawasan Transmigrasi Tembus Rp 8,8 Triliun

Investasi di Kawasan Transmigrasi Tembus Rp 8,8 Triliun
Investasi di Kawasan Transmigrasi Tembus Rp 8,8 Triliun
JAKARTA - Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) mencatat bahwa hingga Desember 2011 lalu terdapat  34 perusahaan yang menjalin kemitraan berpola inti-plasma dengan transmigran dan masyarakat sekitar. Nilai investasi kerjasama melalui mekanisme Izin Pelaksanaan Transmigrasi (IPT) itu diperkirakan  mencapai Rp 8,8 triliun.

Direktur Jenderal Pembangunan dan Pembinaan Kawasan Transmigrasi (P2KT) Kemnakertrans, Jamaluddien Malik menjelaskan, investasi itu  meliputi perkebunan (inti maupun plasma) kelapa sawit, karet, pohon jarak dan produk pertanian lainnya.“Investasi di kawasan transmigrasi ini dilakukan untuk peningkatan pengembangan produksi, pengolahan hasil usaha agar memliki nilai tambah, memperlancar pemasaran hasil dan distribusi barang dan jasa,” kata Jamaluddien di Jakarta, Rabu (11/4).

Dituturkannya, hingga saat ini masih terdapat 45 perusahaan yang sedang dalam proses untuk memperoleh IPT. Lokasinya pun tersebar di seluruh kawasan transmigrasi.

Jamaluddien menambahkan, investasi di kawasan transmigrasi dikembangkan dengan prinsip demokrasi ekonomi. Realisasinya dengan membangun kemitraan yang setara antara masyarakat dengan para investor, saling menguntungkan dan transparansi dalam pengelolaan usahanya.

JAKARTA - Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) mencatat bahwa hingga Desember 2011 lalu terdapat  34 perusahaan yang menjalin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News