Rabu, 19 Juni 2019 – 16:29 WIB

iPhone 5G Belum Terealisasi, Petanda Buruk Bagi Apple

Jumat, 05 April 2019 – 18:14 WIB
iPhone 5G Belum Terealisasi, Petanda Buruk Bagi Apple - JPNN.COM

Apple. Foto: AFP

jpnn.com - Apple menyatakan bahwa mereka belum berencana mengembangkan ponsel yang mendukung jaringan 5G atau tepatnya iPhone 5G, setidaknya hingga 2021. Ini berbanding terbalik dari sejumlah produsen yang sudah berlomba menyambut era layanan 5G.

Menurut Analis UBS Timothy Arcuri, Apple sepertinya kehabisan pilihan untuk mengembangkan modem 5G, sehingga perusahaan yang dipimpin Tim Cook tidak akan merilis iPhone 5G dalam waktu dekat.

BACA JUGA: Apple Siapkan 2 Peluru Baru dari iPad, Salah Satu Targetnya Kelas Entry Level

Pada dasarnya, Apple memiliki opsi untuk membeli modem 5G dari lima pemasok terpisah. Tetapi Arcuri menyatakan, sejatinya tidak ada pilihan yang jelas untuk Apple.

Pilihan paling jelas untuk Apple saat ini adalah pemasok modem Intel. Perusahaan pembuat modem asal Amerika Serikat itu menyediakan modem untuk model iPhone lama, selain iPhone XS dan iPhone XR. Namun, Intel tampaknya belum bisa menyediakan modem 5G secapat yang diinginkan.

Intel pernah menyatakan, pihaknya akan menyediakan modem 5G pertama pada paruh pertama 2020. Arcuri percaya hal tersebut tidak akan memenuhi tenggat waktu, sehingga memaksa Apple tetap menggunakan 4G LTE pada tahun depan.

Calon potensial lain untuk modem 5G adalah Qualcomm. Tetapi saat ini hubungan Apple dan Qualcomm sedang memanas karena pertempuran hukum dan situasi tersebut tidak akan membaik saat peluncuran iPhone pada 2020.

Beralih dari pemasok yang ada, perusahaan besar berikutnya yang berpotensi memasok model 5G Apple adalah Samsung. Raksasa elektronik asal Korea Selatan itu sudah memasok layar OLED untuk iPhone.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar