IPO: Anies Baswedan Bakal Diuntungkan Jika Prabowo Gaet Gibran

IPO: Anies Baswedan Bakal Diuntungkan Jika Prabowo Gaet Gibran
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat bertemu di Solo beberapa waktu lalu. ANTARA/Aris Wasita

jpnn.com, JAKARTA - Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar bakal diuntungkan jika Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto jadi berpasangan dengan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024 mendatang. 

Peneliti dari lembaga survei Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah memprediksi penunjukan Gibran akan dimanfatkan Anies Cs untuk menggerus suara Prabowo.

“Kalau Prabowo menggandeng Gibran justru yang sangat diuntungkan adalah Anies Baswedan. Karena mereka akan memiliki materi propaganda yang cukup, dan potensi pengurangan suara Prabowo cukup besar,” kata Dedi, Selasa (17/10).

Menurut Dedi, rencana Prabowo menggaet Gibran demi mendapatkan simpati pemilih Presiden Jokowi pada dua pemilu sebelumnya, berpotensi besar jadi senjata makan tuan.

Prabowo yang saat ini sudah memiliki dukungan suara cukup besar, justru berpotensi kehilangan suara jika menggandeng Gibran.

Dengan menggaet Gibran, lanjut Dedi, Prabowo dapat dianggap melanggengkan ambisi politik dinasti Presiden Jokowi.

“Dan ini besar kemungkinan akan dimainkan oleh kelompok Anies Baswedan,” kata Dedi.

Selain itu, dukungan Jokowi dinilai tidak cukup ampuh untuk membuat pemilih PDIP beralih kepada Prabowo.

Prabowo yang saat ini sudah memiliki dukungan suara cukup besar, justru berpotensi kehilangan suara jika menggandeng Gibran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News