Irak Bakal Usir Tentara Amerika, Donald Trump Siapkan Pembalasan

Irak Bakal Usir Tentara Amerika, Donald Trump Siapkan Pembalasan
Presiden AS Donald Trump menyampaikan pidato State of the Union di depan Kongres. Foto: AFP

jpnn.com, BAGHDAD - Parlemen Irak telah memberi lampu hijau kepada pemerintah untuk mengusir seluruh tentara asing dari wilayah negara mereka. Resolusi tersebut dibuat khusus menanggapi insiden serangan drone yang dilancarkan oleh Amerika Serikat yang menewaskan Jenderal Qassem Soleimani pada Jumat pagi (3/1) lalu.

Tindakan parlemen Irak itu sepertinya akan memicu kemarahan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Seperti diketahui, AS adalah negara asing dengan pasukan paling banyak di Irak.

Seperti dimuat Starts Stripes, sebelum resolusi dicapai, Trump yang mengunjungi Air Force One pada Minggu juga mengatakan AS akan memberikan sanksi yang sangat besar kepada Irak jika pasukan AS diusir dari negara tersebut.

Keberadaan pasukan asing di Irak sendiri berawal dari permintaan pemerintah negara tersebut sendiri pada 2014 silam. Baghdad ketika itu meminta bantuan untuk memerangi ISIS yang mulai mencaploki sebagian wilayah Irak.

Di awal perang melawan ISIS, AS menempatkan sekitar 5 ribu pasukan di Irak. Inggris, Jerman, Prancis dan beberapa negara lain juga diketahui memiliki personel militer yang ditempatkan di Irak. (ant/dil/jpnn)

Harga Gas Mahal, Jokowi Kesal

Parlemen Irak telah memberi lampu hijau kepada pemerintah untuk mengusir seluruh tentara asing. Tindakan parlemen Irak itu memicu kemarahan Presiden Amerika Serikat Donald Trump


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News