JPNN.com

Iran Akui Roket Antariksanya Meledak karena Kesalahan Teknis

Selasa, 03 September 2019 – 23:29 WIB Iran Akui Roket Antariksanya Meledak karena Kesalahan Teknis - JPNN.com

jpnn.com, TEHRAN - Iran mengakui roket peluncur satelitnya meledak di Pusat Antariksa Imam Khomeini baru-baru ini. Musibah terjadi karena ada kegagalan teknis.

Namun, Juru bicara pemerintah Iran, Ali Rabiei menegaskan bahwa ledakan terjadi pada roket di lokasi pengujian, dan bukan peluncuran seperti yang diberitakan berbagai media internasional.

"Ledakan itu terjadi di launchpad dan belum ada satelit yang dipindahkan ke launchpad," kata Rabiei.

"(Ledakan) itu terjadi di lokasi pengujian, bukan di lokasi peluncuran," sambungnya.

BACA JUGA: Memalukan, Roket Iran Meledak Sebelum Tinggal Landas

Konfirmasi itu dibuat setelah beberapa hari lalu muncul gambar satelit yang dirilis oleh Planet Labs Inc dan Maxar Technologies, di mana ada kepulan asap hitam naik di atas launchpad Iran pekan kemarin. Di sekelilingnya ada tampak seperti sisa-sisa roket yang hangus dan landasan.

Dalam kesempatan yang sama, Rabiei mengecam langkah Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang pekan lalu membuat cuitan di Twitter soal ledakan itu serta mengunggah apa yang tampak seperti foto pengawasan setelah ledakan yang diambil oleh satelit mata-mata Amerika Serikat.

"Kami tidak mengerti mengapa presiden Amerika Serikat membuat cuitan dan memposting gambar satelit dengan penuh kegembiraan. Ini tidak bisa dimengerti," katanya.

Sumber RMOL.co

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...