Iran Hapuskan Polisi Moral Penegak Syariat

Iran Hapuskan Polisi Moral Penegak Syariat
Personel Gasht-e Ershad atau polisi syariat penegak moral (membelakangi kamera) berbicara dengan seorang perempuan yang diaggap tidak menaati aturan berhijab. Foto: AFP

jpnn.com, TEHRAN - Pemerintah Iran memutuskan membubarkan Gasht-e Ershad atau polisi syariat penegak moral yang menjadi sasaran demonstrasi sejak dua bulan silam menyusul kematian Mahsa Amini.

Pengumuman tentang pembubaran Gasht-e Ershad itu disampaikan Jaksa Agung Iran Mohammad Jafar Montazeri, Sabtu (3/12).

“Polisi moral tidak ada hubungannya dengan peradilan dan ditutup di tempat yang sama dengan sejak diluncurkan pada masa silam,” kata Montazeri yang dikutip kantor berita Iran IRNA.

Baca Juga:

Pernyataan Montazeri itu muncul setelah Iran menghadapi berbagai kerusuhan yang dipicu kematian Mahsa Amini pada September lalu.

Mahasiswi berusia 22 tahun itu meninggal dalam tahanan Gasht-e Ershad setelah ditangkap karena mengenakan jilbab yang dianggap tidak sesuai dengan standar syariat di republik Islam tersebut.

Pada Jumat lalu (2/11), Montazeri mengumumkan bahwa parlemen dan Dewan tertinggi Revolusi Kebudayaan Iran akan meninjau aturan tentang kewajiban berjilbab. Hasil tinjauan itu akan dirilis dalam dua pekan.

Berpidato di Qom -kota suci bagi penganut Syiah- yang terletak sekitar 150 KM di sebelah barat daya Tehran, Montazeri menekankan apa pun keputusan tentang isu hijab bagi perempuan harus didasarkan pada pendekatan yang terencana.

Presiden Iran Ebrahim Raisi dalam sebuah pernyataan di televisi menyatakan Negeri Para Mullah itu memang didirikan dengan konstitusi sebagai fondasi.

Menurut Jaksa Agung Iran Mohammad Jafar Montazeri, polisi syariat penegak moral atau Gasht-e Ershad tidak ada hubungannya dengan sistem peradilan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News