Irigasi Jebol, Tebing Longsor Tutup Jalan

Ratusan Hektar Sawah Karangmoncol Tak Terairi

Irigasi Jebol, Tebing Longsor Tutup Jalan
Irigasi Jebol, Tebing Longsor Tutup Jalan
PURBALINGGA - Hujan deras dua hari terakhir mengakibatkan saluran irigasi di Desa Grantung, Kecamatan Karangmoncol, Purbalingga, Jawa Tengah jebol. Selain itu, jebolnya saluran tersebut juga membuat tebing di sisi jalan aspal desa ambrol dan menutup badan jalan sepanjang 20 meteran.   

   

Kepala Desa Grantung, Teguh Purnomo Wibowo mengatakan, tanah longsoran itu menutup jalan tembus Desa Grantung menuju Desa Pekiringan. Sabtu (20/10) pagi,warga sudah mulai berdatangan menyingkirkan semua material longsor, berupa tanah dan sejumlah tanaman dan pohon bambu.

“Meski jalan sudah bisa dilalui, namun air irigasi yang l mengalir ke jalan membuat jalanan berlumpur dan licin. Warga harus hati- hati saat melintas," kata Teguh seperti yang dilansir Radar Banyumas (JPNN Group), Minggu (21/10).

   

Teguh menambahkan, jebolnya saluran irigasi itu juga mengancam   ratusan hektar sawah yang baru ditanami kekeringan. Pasalnya, air tidak bisa sampai ke area persawahan. Saluran itu dibangun sekitar tahun 2010 dengan dana PNPM Mandiri Perdesaan.

   

PURBALINGGA - Hujan deras dua hari terakhir mengakibatkan saluran irigasi di Desa Grantung, Kecamatan Karangmoncol, Purbalingga, Jawa Tengah jebol.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News