Iritasi Usus Tingkatkan Risiko Keguguran

Iritasi Usus Tingkatkan Risiko Keguguran
Iritasi Usus Tingkatkan Risiko Keguguran
WANITA hamil yang mengalami gejala usus memungkinkan mengalami keguguran sekitar 20 persen. Kesimpulan ini diperoleh berdasarkan hasil penelitian terbaru yang melihat hubungan antara sindrom iritasi usus (IBS) dan keguguran. Hasilnya menunjukkan bahwa wanita hamil yang mengalami iritasi pada usunya rentan keguguran sehingga harus menjalani perawatan antenatal tambahan.

Studi ini meneliti informasi dari catatan 100.000 perempuan Inggris yang hamil antara Januari 1990 dan Desember 2008. Mereka yang menjadi sampel lebih dari 26.000 telah menderita IBS, sakit kronis dan mengalami kembung.

Para peneliti menemukan bahwa 6.500 -enam persen- dari wanita mengalami keguguran, yang berada dalam kisaran normal. Tetapi melihat wanita yang juga memiliki IBS, proporsi yang kehilangan bayi mereka naik menjadi 7,5 persen, yang menunjukkan angka ini cukup signifikan.

IBS ini terkait dengan sindrom kelelahan kronis dan fibromyalgia, yang menyebabkan nyeri luas. Risiko meningkat lebih lanjut -sampai 30 persen- jika wanita juga memiliki masalah depresi dan kecemasan. Namun kondisi ini harus dipelajari selanjutnya untuk mendapatkan keyakinan apakah wanita yang mengalami keguguran disebabkan adanya depresi.

WANITA hamil yang mengalami gejala usus memungkinkan mengalami keguguran sekitar 20 persen. Kesimpulan ini diperoleh berdasarkan hasil penelitian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News