Irjen Ferdy Sambo belum Mengajukan Memori Banding atas Pemecatannya sebagai Anggota Polri

Irjen Ferdy Sambo belum Mengajukan Memori Banding atas Pemecatannya sebagai Anggota Polri
Irjen Ferdy Sambo mengikuti sidang etik di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Kamis (25/8). Sidang dilaksanakan secara tertutup. Foto : Ricardo

jpnn.com - JAKARTA - Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Dedi Prasetyo memastikan sampai saat ini Irjen Ferdy Sambo belum mengajukan memori banding atas pemecetannya sebagai anggota Korps Bhayangkara. 

Berdasarkan Pasal 69 Ayat 3 Peraturan Polri (Perpol) Nomor 7 Tahun 2022 tentang Komisi Etik Profesi Polri (KEPP) dan Komisi Kode Etik Polri (KKEP), pemohon banding harus mengajukan memori kepada pejabat Pembentuk KKEP banding melalui Sekretariat KKEP paling lama 21 hari kerja sejak diterimanya putusan sidang.

"Sampai dengan hari ini, informasi dari Pak Karowabprof (Kepala Biro Pertanggungawaban Profesi Divisi Propam Polri) untuk memori banding Irjen FS (Ferdy Sambo, red) atau Saudara FS belum diterima," kata Irjen Dedi di Gedung TNCC, Mabes Polri, Jumat (2/9).

Jenderal bintang dua itu mengatakan Birowaprof Divpropam Polri telah berkoordinasi dengan Divisi Hukum (Divhum) Polri guna mempersiapkan sidang banding. “Sidang komisi banding ini akan dipimpin pati (perwira tinggi) bintang tiga (komisaris jenderal), dan sifatnya juga akan berproses," ungkapnya. 

"Dalam waktu 21 hari sidang komisi banding diharapkan sudah memutuskan hasil banding. Saya ulangi, diputuskan diterima atau ditolak nanti hasilnya akan saya sampaikan," tutur Dedi Prasetyo.

Seperti diketahui, Irjen Ferdy Sambo diberi sanksi pemberhentian tidak dengan hormat atau PTDH sebagai anggota Polri. Sanksi itu diputuskan dalam Sidang KKEP yang dipimpin Kepala Badan Intelijen Keamanan Polri Komjen Ahmad Dofiri. Sidang berlangsung mulai Kamis (25/8) dan berakhir pada Jumat (26/8) dini hari. 

"Memutuskan, pemberhentian tidak dengan hormat atau PTDH sebagai anggota Polri," kata Komjen Dofiri di Gedung TNCC Mabes Polri, Jakarta Selatan.

Irjen Ferdy Sambo diduga sebagai dalam pembunuhan berencana terhadap Brigadir J

Irjen Ferdy Sambo belum mengajukan memori banding atas putusan pemecatannya atau PTDH sebagai anggota Polri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News