Irjen Gatot Eddy Ajak Masyarakat Lawan Hoaks

Irjen Gatot Eddy Ajak Masyarakat Lawan Hoaks
Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Nusantara Irjen Gatot Eddy Pramono dalam diskusi bertajuk Evaluasi Akhir Tahun, Pemilu di Tengah Menguatnya Politik Identitas, Rakyat Untung Apa Buntung? di Cordela Hotel. Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Nusantara Irjen Gatot Eddy Pramono mengatakan, isu tentang suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) harus diwaspadai menjelang Pemilu dan Pilpres 2019.

Menurut dia, persaingan antarcaleg berpotensi melahirkan hoaks, politik uang, dan cara-cara yang keluar dari koridor.

Gatot menambahkan, politik identitas, politisasi SARA, hoaks, ujaran kebencian, dan black campaign digunakan dengan sangat masif pada tahun politik.

“Untuk menangani semua itu dibentuklah Satgas Nusantara Polri sebagai cooling system di tengah masyarakat,” kata Gatot dalam diskusi bertajuk Evaluasi Akhir Tahun, Pemilu di Tengah Menguatnya Politik Identitas, Rakyat Untung Apa Buntung? di Cordela Hotel, Jakarta pusat, Kamis (27/12).

Diskusi itu juga menghadirkan akademisi Agus Hari Hadi dan pengamat sekaligus praktisi digital Ali Sodikin.

Gatot pun mengajak media sebagai pilar demokrasi keempat untuk bersama-sama mendinginkan situasi menjelang Pemilu dan Pilpres 2019.

“Indonesia adalah rumah keberagaman yang unik di dunia. Media jangan menjadi kompor, tetapi hendaklah menjadi cooling system di tengah masyarakat,” tegas Gatot.

Dia juga berharap masyarakat menggunakan media sosial dengan bijak agar kerukunan tetap terjaga.

Irjen Gatot Eddy Pramono mengatakan, isu tentang suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) harus diwaspadai menjelang Pemilu dan Pilpres 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News