Irjen Heru Winarko Pimpin BNN, Ini Rekam Jejaknya di Polri

Irjen Heru Winarko Pimpin BNN, Ini Rekam Jejaknya di Polri
Heru Winarko. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo telah resmi melantik Irjen Heru Winarko sebagai kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Kamis (1/3) guna menggantikan Komjen Budi Waseso yang memasuki masa pensiun. Polri sebagai lembaga yang membesarkan Heru pun mengucapkan selamat kepada mantan Kapolda Lampung itu.

“Selamat kepada Irjen Heru Winarko yang telah dilantik oleh presiden menjadi Kepala BNN, beliau adalah putra terbaik Polri,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto.

Menurut dia, jabatan kepala BNN akan menjadi tantangan tersendiri bagi Heru yang sebelumnya menjabat Deputi Penindakan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). “Kami harapkan beliau bisa mempertahankan dan meningkatkan apa yang telah diraih Pak Buwas (sapaan akrab Budi Waseso, red),” sambung Setyo.

Sebagai salah satu prajurit Bhayangkara, Irjen Heru memiliki rekam jejak jejak menonjol. Lulusan Akademi Kepolisian 1985 itu berkali-kali menempati sejumlah posisi penting di Polri.

Pria yang lahir di Jakarta pada 1 Desember 1962 itu memiliki seorang istri dan seorang anak perempuan. Dia dikenal sebagai polisi yang berpengalaman di bidang reserse.

Selepas pendidikan di Akpol, Heru langsung menjabat Wakasatreskrim Polres Bandung, Jawa Barat pada 1985. Dua tahun kemudian, Heru dipromosikan menjadi kapolsek di Bandung.

Tour of duty selanjutnya bagi Heru adalah menjadi Kapolsek Tanjungpriok di wilayah hukum Polres Metro Jakarta Utara. Pada 2002 atau setelah lulus dari Sespim Polri, Heru sempat menjabat sebagai Kapolres Blitar, Jawa Timur.

Tak lama kemudian, dia ditarik menjadi Sespri Kapolri. Jabatan selanjutnya yang diemban Heru adalah penyidik utama Bareskrim dan Kapolres Metro Jakarta Pusat dalam waktu 2005 hingga 2006.

Polri mengucapkan selamat kepada Irjen Heru Winarko yang kini memimpin Badan Narkotika Nasional (BNN) menggantikan Komjen Budi Waseso yang memasuki pensiun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News