JPNN.com

Irjen Paulau Waterpauw Ajak Semua Elemen Bersatu Sukseskan Pilkada di Papua

Sabtu, 18 Juli 2020 – 02:35 WIB
Irjen Paulau Waterpauw Ajak Semua Elemen Bersatu Sukseskan Pilkada di Papua - JPNN.com
Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw. Foto: ANTARA/Evarianus Supar

jpnn.com, JAYAPURA - Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengajak semua pemangku kepentingan untuk bersinergi dan bersatu agar pelaksanaan pesta demokrasi atau pilkada di daerah itu berjalan sukses, lancar dan aman.

Paulus Waterpauw saat kegiatan sosialisasi di Kota Jayapura, Jumat (17/7) mengatakan pilkada yang aman dan damai serta memperhatikan protokol kesehatan guna mencegah COVID-19 perlu dilakukan.

Apalagi, kata dia, kerawanan pilkada yang terus menerus ditangani oleh aparat kepolisian, di antaranya adalah adanya dukungan ganda dari partai politik, adanya calon petahana yang sering memonopoli dukungan, kemudian intimidasi yang dilancarkan oleh para pihak terhadap aparatur tingkat bawah, yang untuk membantu dukungan dan lain sebagainya.

"Bahkan kemarin juga mereka yang tidak memenuhi syarat atau TMS, juga sering membuat situasi yang kurang nyaman, termasuk juga yang kita sekarang berlakukan sistem noken yang kemudian nantinya akan ada upaya-upaya paksa untuk mereka melakukan kewajiban atau harus hukumnya untuk memilih salah satu pasangan calon tersebut," katanya.

Ini semua, kata dia, harus dikomunikasikan, bersinergi antara semua petugas di lapangan, begitu juga dengan semua pihak sehingga semua pasangan calon (paslon) berupaya  mencapai kemenangan dengan baik dan demokratis.

"Tentu kami juga sudah beberapa kali mengambil langkah-langkah pertemuan bersama dengan penyelenggaraan KPU maupun Bawaslu dan beberapa pemerintah daerah, terutama untuk bagaimana menyamakan persepsi berkaitan dengan upaya-upaya ke depan," katanya.

Terkait dengan jumlah kekuatan pengamanan dalam Pilkada di 11 kabupaten ini, Polda Papua menerapkan kekuatan dua pertiga dari jumlah yang ada.

"Direncanakan ada 2.577 personel dari polres-polres yang nanti akan terlibat dan juga akan di-back up dari Polda Papua. Kami rencanakan ada 1.313 personel bantuan Pangdam XVI/Cenderawasih (TNI), dalam konsepsi kami awalnya adalah kurang lebih 627 personel, nanti kami juga akan meminta bantuan dari teman-teman Limas sebanyak 7.174 personel," katanya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
fri