IRSA 2019: Ini 23 Kota dengan Penerapan Tata Kelola Keselamatan Jalan Terbaik

IRSA 2019: Ini 23 Kota dengan Penerapan Tata Kelola Keselamatan Jalan Terbaik
Penyelenggaraan IRSA 2019. Foto: Adira

jpnn.com, JAKARTA - Program IRSA (Indonesia Road Safety Award) inisiasi PT Asuransi Adira Dinamika Tbk, memasuki tahap final. Dari 180 kota peserta akhirnya tersaring 23 kota dan kabupaten terpilih sebagai finalis.

Melalui IRSA, Adira Insurance memberikan apresiasi kepada kota dan kabupaten yang memiliki penerapan tata kelola keselamatan jalan terbaik. Adapun pada tahun ini, penyelenggara menambah kategori "Ibukota Provinsi" sebagai salah satu pembeda dari gelaran IRSA di tahun sebelumnya.

"Yang membedakan IRSA dengan tahun-tahun sebelumnya adalah penambahan kategori finalis pada IRSA. Salah satunya kami menambahkan kategori Ibukota Provinsi, untuk meningkatkan kualitas riset agar semakin seimbang antarfinalis," kata Chief Executive Officer Adira Insurance, Julian Noor, di Jakarta, Selasa.

IRSA digagas dengan tujuan untuk menurunkan angka kecelakaan di Indonesia serta berupaya untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat, baik pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, pihak swasta, dan berbagai pihak lainnya untuk peduli terhadap keselamatan jalan.

Sebanyak 23 finalis yang terpilih berdasarkan data-data keselamatan jalan seperti jumlah penduduk, luas wilayah, jumlah kecelakaan, jumlah fatalitas kecelakaan, dan data pendukung lainnya.

Tahap berikutnya adalah observasi lapangan dan survei kepuasan pengguna jalan terhadap 23 finalis IRSA 2019, yang bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengukur kualitas penerapan tata kelola keselamatan jalan di 23 kota dan kabupaten tersebut.

Tahap terakhir adalah penjurian dan sharing session yang telah dilakukan pada Oktober lalu di Gedung Kementerian PPN/Bappenas. (mg8/jpnn)

Berikut daftar lengkap penerima penghargaan IRSA 2019:

Program IRSA (Indonesia Road Safety Award) inisiasi PT Asuransi Adira Dinamika Tbk, memasuki tahap final.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News