JPNN.com

Irwan Fecho: Konektivitas Transportasi di IKN Dapat Prioritas Kemenhub

Selasa, 23 Juni 2020 – 15:40 WIB
Irwan Fecho: Konektivitas Transportasi di IKN Dapat Prioritas Kemenhub - JPNN.com
Irwan Fecho saat rapat kerja dengan Menhub Budi Karya Sumadi Selasa (23/6). Foto: dok for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi V DPR Irwan Fecho mengapresiasi komitmen Kementerian Perhubungan, yang telah memasukkan pembangunan konektivitas transportasi di Ibu Kota Negara (IKN) yang baru di Kalimantan Timur, sebagai proyek prioritas di RAPBN 2021.

Selain usulannya soal konektivitas transportasi di IKN, Kemenhub juga memprioritaskan pengembangan jaringan pelabuhan di Kaltim dengan dukungan anggaran cukup besar.

"Semua diakomodir oleh Kementerian Perhubungan dan sudah tercatat dalam rencana kerja anggaran Kemenhub tahun 2021 yang disampaikan ke komisi lima," ucap Irwan di sela-sela rapat kerja dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Selasa (23/6).

Politikus asal Kaltim ini menyebutkan, dengan diakomodirnya usulannya itu oleh Kemenhub, menandakan bahwa rencana pemindahan IKN dari DKI Jakarta ke Kaltim terus berjalan dan harus dikawal.

Wasekjen DPP Partai Demokrat itu mengatakan, pembangunan konektivitas transportasi di IKN mulai 2021 tidak hanya terfokus dalam sektor udara saja, tetapi juga di sisi darat dan laut.

Sejumlah proyek konektivitas di IKN yang telah dimasukkan sebagai prioritas oleh Kemenhub, antara lain pengembangan bandara pendukung IKN yang menghubungkan APT Pranoto - Samarinda dengan anggaran sebesar Rp 113,968 miliar.

"Serta pengembangan Bandar Udara Klaster Kalimantan yakni Sultan Aji Muhammad Sulaiman - Balikpapan, Bandar Udara IKN, masuk tahap perencanaan," jelasnya.

Kemudian, Kemenhub juga telah memasukkan dua pengembangan pelabuhan di Kaltim, yakni Sangkulirang di Kabupaten Kutai Timur dan Tana Paser di Kabupaten Paser sebagai prioritas.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ridha