Irwan Fecho: Tol Samarinda-Bontang Jangan Stagnan karena IKN

Irwan Fecho: Tol Samarinda-Bontang Jangan Stagnan karena IKN
Anggota Komisi V DPR RI Irwan Fecho soal pembangunan Tol Samarinda-Bontang. Ilustrasi Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi V DPR RI Irwan Fecho meminta pemerintah pusat melanjutkan pembangunan Tol Samarinda-Bontang di Kalimantan Timur (Kaltim) sesuai perencanaan yang dibuat.

Irwan menilai pemerintah sanggup membangun jalan Tol B??alikpapan-Sepaku dalam waktu singkat, karena ada ibu kota negara (IKN) Nusantara.

Namun, dia mengatakan yang dibutuhkan masyarakat saat ini, selain Tol Balikpapan-Samarinda yang sudah selesai, juga perlu dibangun Tol Samarinda-Bontang.

Sebab, jalan nasional di Kaltim hanya satu poros yang kerap te?r?jadi kemacetan ketika ada jembatan putus.

"Oke Tol Balikpapan-Samarinda selesai, tetapi Tol samarinda-Bontang jangan kemudian mengalami stagnasi karena ada IKN, ini suatu yang berbeda," ujar Irwan saat RDPU dengan BPJT di Komisi V DPR, Selasa (28/3).

Ketua DPD Demokrat Kaltim itu bahkan mengingatkan dana IKN jangan sampai mengganggu rencana-rencana jangka panjang yang telah dibuat Kementerian PUPR, termasuk BPJT untuk membangun jalan di Kaltim.

"Kami butuh jalan Tol Samarinda-Bontang itu terlaksana sesuai rencana, dan ini sudah molor pasti ada tekanan, karena ini kan, tol prakarsa pemerintah," ujar Irwan.

Menurut Irwan, setelah melihat kajian yang ada, Tol Samarinda-Bontang seharusnya bisa masuk tahap pembebasan lahan dan pelaksanaan fisik.

Anggota Komisi V DPR RI Irwan Fecho ingatkan pemerintah soal Tol Samarinda-Bontang jangan stagnan gegara IKN Nusantara. Usulan Panja Jalan Tol.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News