ISIS Picu Kerusuhan di Penjara Tajikistan

ISIS Picu Kerusuhan di Penjara Tajikistan
Penjara Houthi. Foto:Islammedianalysis

jpnn.com, DUSHANBE - Keluarga tahanan yang mendekam di Penjara Vakhdat, Tajikistan, resah. Senin (20/5) mereka berbondong-bondong ke lembaga pemasyarakatan yang menampung sekitar 1.500 narapidana tersebut.

Tujuannya satu, mencari tahu apakah keluarga mereka ikut menjadi korban kerusuhan yang terjadi Minggu malam (19/5).

Dilansir AFP, sekelompok tahanan pendukung ISIS membunuh tiga sipir dengan pisau. Mereka juga membunuh lima tahanan untuk mengintimidasi penghuni lainnya.

Fasilitas medis dibakar dan beberapa narapidana dijadikan sandera. Baku tembak dengan penjaga lapas yang bersenjata tak bisa terelakkan. Sebanyak 24 anggota ISIS akhirnya ditembak mati.

"Para tawanan dapat dibebaskan dan situasi kembali terkendali," bunyi pernyataan Kementerian Kehakiman Tajikistan.

BACA JUGA: Eks Jagoan IT ISIS Pengin Pulang ke Tanah Air, Ini Respons Polri

Salah seorang pemimpin kericuhan adalah Bekhruz Gulmurod. Dia merupakan putra mantan pemimpin pasukan khusus Tajikistan Gulmurod Khalimov. Pada 2015, Khalimov bergabung dengan ISIS. Dia terbunuh di Syria tiga tahun lalu.

Bekhruz mencoba mengikuti jejak ayahnya. Dia berencana pergi ke Syria lewat Istanbul sebelum akhirnya ditangkap. Bekhruz ditahan saat masih di bandara.

Keluarga tahanan yang mendekam di Penjara Vakhdat, Tajikistan, resah. Senin (20/5) mereka berbondong-bondong ke lembaga pemasyarakatan yang menampung sekitar 1.500 narapidana tersebut.

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News