Istana Segera Bahas Harga Cabe

Istana Segera Bahas Harga Cabe
Istana Segera Bahas Harga Cabe
JAKARTA — Melonjaknya harga cabe di pasaran disebabkan banyak faktor. Badan Pusat Statistik (BPS) yang diperintahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk memetakan kajian mengenai semakin pedasnya harga si pedas satu ini, telah menyelesaikan laporannya. Rabu (2/2) BPS akan melaporkan kajian mengenai melonjaknya harga cabe di masyarakat ke rapat kabinet di Istana Negara.

Kepala BPS Rusman Heriawan menjelaskan kajian mengenai cabe telah dimulai dengan dilakukannya kunjungan BPS ke empat kota sentra produksi cabe. Yakni Kota Tuban, Brebes, Majalengka dan Garut. Dari empat kota ini akhirnya ditemukan permasalahan dasarnya.

"Terjadi semacam traumatik di petani cabe. Karena pada periode yang sama tahun sebelumnya, harga cabe menyentuh level Rp3 ribu/Kg. Padahal break point di petani itu harusnya minimal Rp7 ribu/Kg. Karena mengalami rugi besar, makanya petani enggan menanam cabe dan membiarkan lahannya begitu saja,’’ jelas Rusman, Selasa (1/2).

Penyebab lainnya karena mengalami kerugian besar tahun sebelumnya, petani cabe akhirnya tidak memiliki modal yang cukup untuk kembali menanam.  Kalaupun ada, mereka memilih untuk menanam dengan skala yang lebih kecil.

JAKARTA — Melonjaknya harga cabe di pasaran disebabkan banyak faktor. Badan Pusat Statistik (BPS) yang diperintahkan Presiden Susilo Bambang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News