Istana: Seharusnya Situs Presiden Dijaga

Istana: Seharusnya Situs Presiden Dijaga
Istana: Seharusnya Situs Presiden Dijaga
JAKARTA -- Situs Presiden www.presidensby.info beberapa waktu lalu diretas oleh seorang pemuda bernama Wildan (22) yang bekerja sebagai administrator di CV Suryatama, sebuah wirausaha di bidang komunikasi dan penjualan suku cadang komputer di Jember. Setelah beberapa bulan ditelusuri, Mabes Polri baru mengamankannya ketika ia sedang online di sebuah warnet.

Menanggapi hal itu, Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Politik Daniel Sparringa mengatakan sebaiknya kebdepan para pemain di dunia maya ikut menjaga semua situs milik pemerintah. Sebabnya, situs itu didedikasikan untuk publik. Bukan untuk menjadi wadah keisengan semata.

"Kami mengikuti proses penyelidikan yang dilakukan Polri dan berharap pertanggungjawaban hukum atas setiap tindakan yang merugikan publik dapat ditempatkan pada posisinya yang proporsional," ujar Daniel di Istana Negara, Jakarta, Rabu (30/1).

Meski demikian, kata Daniel, apa yang dilakukan Wildan bukan peretasan melainkan pengalihan domain kepada 1 di antara 14 miror yang dimiliki pihak Istana. Situs resmi Presiden yaitu www.presiden ri.go.id, kata dia, tidak tersentuh. Secara keseluruhan situs Presiden tidak terganggu.

JAKARTA -- Situs Presiden www.presidensby.info beberapa waktu lalu diretas oleh seorang pemuda bernama Wildan (22) yang bekerja sebagai administrator

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News