Istri Ahok Galang Dana untuk Pusat Perawatan Kanker

Istri Ahok Galang Dana untuk Pusat Perawatan Kanker
Istri Ahok Galang Dana untuk Pusat Perawatan Kanker

jpnn.com - JAKARTA - Yayasan Kanker Indonesia (YKI) DKI Jakarta berhasil mengumpulkan dana sebanyak Rp 3,8 miliar lewat pameran seni Art For Cancer di Museum Seni Rupa dan Keramik, Kota Tua, Jakarta Barat. Pameran sekaligus kampanye peduli penderita jantung itu telah digelar pada tanggal 16-30 Maret 2014 lalu.

"Seluruh dana yang diperoleh untuk membangun Pusat Pelatihan Perawatan Paliatif yang saat ini sedang berjalan. Kita targetkan akan ada di lima wilayah DKI Jakarta," kata Ketua YKI Provinsi DKI Jakarta, Veronica Basuki melalui siaran pers yang diterima wartawan, Selasa (1/4).

Veronica menjelaskan, selama ini yayasan pimpinannya memperoleh dana hibah dari Pemprov DKI Jakarta. Hanya saja, dana itu tidak cukup untuk mendanai program-program YKI termasuk pembangunan Pusat Pelatihan Perawatan Paliatif.

Pelatihan perawatan paliatif peruntukkan bagi pasien kanker tahap awal agar dapat mengurangi penderitaan. Perawatan ini meliputi unsur spiritual dan sosial dari pasien kanker dengan harapan kondisi kesehatan dan kualitas hidup meningkat dan lebih baik. Perawatan dilakukan oleh sebuah tim yang terdiri dari dokter, perawat, petugas sosial medik dan rohaniawan.

"Karena itu kami mengharapkan bantuan dari berbagai pihak seperti pengusaha, LSM dan masyarakat untuk mewujudkan program dan rencana pembangunan pusat pelatihan paliatif," ujar Veronica yang juga istri dari Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki T.Purnama.

Pameran Art For Cancer juga berhasil meraup dana lewat lelang karya seni selama dua hari pada tanggal 22- 23 Maret 2104. Karya seni yang dilelang antara lain hasil ciptaan Albert Jonathan, Entang Wiharso, Eko, Sria Astari dan Tita. Karya seni yang yang pernah dipamerkan pada La Biennale Venezia, Italia tahun 2013 lalu itu dihargai mulau dari Rp 2 juta hingga Rp 150 juta.

Selain itu ada juga lelang busana hasil karya para desainer yang semuanya berasal dari Indonesia. Mereka adalah Carmanita, Ivan Gunawan, Lenny Agustin dan Jeny Tjahyawati, Novita Yunus, Emma Damayanti dan Felga Weninda.

Sementara donator dan sponsor yang turut memberikan bantuan dana pada acara tersebut yakni Yayasan Agung Podomoro, PT Tiphone Mobile Indonesia, Artha Graha (Agung Sedayu), Liliawati Rahardjo Nagaria, PD Pembangunan Jaya dan sejumlah BUMD, perusahaan swasta dan pendonasi pribadi.

JAKARTA - Yayasan Kanker Indonesia (YKI) DKI Jakarta berhasil mengumpulkan dana sebanyak Rp 3,8 miliar lewat pameran seni Art For Cancer di Museum

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News