Isu Jokowi Me-reshuffle Menteri Inisial M, Begini Analisis Pengamat

Isu Jokowi Me-reshuffle Menteri Inisial M, Begini Analisis Pengamat
Presiden Jokowi, akankah melakukan reshuffle kabinet?. Foto: Ricardo/JPNN.com

Direktur Eksekutif Indonesian Pubic Institute Karyono Wibowo menilai wacana Presiden Joko Widodo melakukan reshuffle inisial M belum tentu benar. Dia menilai isu tersebut spekulatif yang belum tentu benar.

"Wacana tersebut lebih sekadar sensasi. Pasalnya, jumlah menteri yang berinisial M cukup banyak di Kabinet Indonesia Maju ini," kata dia dalam keterangan yang diterima, Selasa (20/4).

Karyono menjelaskan, tidak hanya Moeldoko yang memiliki insial M di Kabinet Indonesia Maju. Ada juga Muhadjir Effendi, M.Lutfi, dan Mahfud MD.

"Ada yang lain seperti Muhammad Tito Karnavian dan Muhammad Basuki Hadimuljono," kata dia.

Di samping itu, Karyono justru memprediksi Kabinet Indonesia Maju seperti Moeldoko, Mahfud MD, Muhammad Tito Karnavian, dan Muhammad Basuki Hadimuljono, masih dipertahankan.

"Terlepas dari kontroversinya, posisi mereka masih dibutuhkan Presiden Joko Widodo di pemerintahan," kata dia.

Meski demikian, ada dua menteri inisial M yang posisinya tidak aman. Keduanya ialah Menteri PMK dan Menteri Perdagangan.

"Untuk M Lutfi dan Muhadjir Effendi kemungkinannya peluangnya fifty-fifty. Mungkin saja akan dilakukan pergeseran ke pos-pos lain," kata dia.(tan/jpnn)


Direktur Eksekutif Indonesian Pubic Institute Karyono Wibowo menilai wacana Presiden Joko Widodo melakukan reshuffle inisial M belum tentu benar. Meski demikian ada dua menteri inisial M yang belum tentu aman.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News