JPNN.com

Isuzu Kembangkan dan Uji Coba Mesin Diesel Euro4

Sabtu, 07 Maret 2020 – 03:27 WIB
Isuzu Kembangkan dan Uji Coba Mesin Diesel Euro4 - JPNN.com
Ilustrasi kendaraan besutan Isuzu. Foto: Dedi Sofiyan/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah berencana memberlakukan kendaraan bermesin diesel dengan standar emisi Euro4 mulai tahun depan (2021). Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kualitas udara yang lebih baik.

Oleh karena itu, berbagai produsen mobil di tanah air pun harus mempersiapkan kendaraannya. Salah satunya yang menyatakan siap ke program standardisasi emisi Euro4, ialah PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI).

Bahkan, IAMI sendiri dikabarkan tengah melakukan riset dan pengujian pada salah satu mesin yang siap diluncurkan pada tahun depan.

"Kami sebagai Agen Pemegang Merek (APM), pasti akan mengikuti peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah baik itu menyangkut kebijakan mesin berstandar Euro4," ungkap Prototype and Test Departemen Head PT IAMI Harmoko Setyawan, dalam diskusi pintar Isuzu bersama Kemenperin di GIICOMVEC 2020, Jumat (6/3).
 
Menurut pria yang akrab disapa Moko itu, pihaknya telah melakukan riset pada beberapa mesin, yang nantinya digunakan pada saat pemerintah menetapkan kebijakan tersebut.

"Kami sudah mulai melakukan riset dan pengujian emisi beberapa engine kami yang nantinya akan dipakai pada saat regulasi Euro 4 sudah dimandatori," ungkap Moko.

Mesin yang dikembangkan itu, kata Moko, juga sudah siap untuk meminum bahan bakar B30. Selain itu, Moko juga menyebutkan akan menggunakan mesin yang saat ini sudah digunakan, hanya saja mesin akan mendapatkan pembaruan.

"Untuk mesin Euro4 kami akan menggunakan engine yang sudah ada. Nanti mesin itu kami upgrade supaya ambang batas emisi bisa memunuhi standar Euro4. Kami menambahkan EGR dengan sistem cooler,kemudian menambahkan teknologi turbo VGS," tandasnya. (mg9/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ridha