Italia Tersingkir, Jepang Melaju

Italia Tersingkir, Jepang Melaju
SUKSES - Robert Vittek dari Slovakia saat merayakan golnya ke gawang Italia, sementara sejumlah pemain Italia tampak kelelahan dan kecewa. Foto: Getty Images/FIFA.com.
JOHANNESBURG - Tersingkirnya juara bertahan Italia - yang bahkan menduduki posisi juru kunci grup F - mungkin menjadi salah satu berita besar di dunia sepakbola hari ini, setelah sebelumnya Prancis yang pulang duluan juga membuat berita. Nasib malang itu dipastikan diperoleh Italia, pasca kekalahan 2-3 di Stadion Ellis Park, Johannesburg, dari tim underdog Slovakia.

Slovakia sudah unggul lebih dulu lewat gol Robert Vittek pada menit ke-25. Babak pertama pun bertahan dengan skor ini, sebelum kemudian di babak kedua (menit ke-73) Vittek memperbesar keunggulan timnya. Italia kemudian baru bisa membalas di menit ke-81 lewat kaki Antonio Di Natale, namun ditinggalkan lagi dengan skor 3-1 oleh Kamil Kopunek. Penipisan selisih kekalahan bagi Italia hanya datang di menit ke-92 (injury time) lewat gol Fabio Quagliarella.

Di grup yang sama sementara itu, Paraguay memastikan menjadi juara grup dengan bermain imbang tanpa gol melawan Selandia Baru. Ini sekaligus memastikan Paraguay terhindar dari menghadapi Belanda (juara grup E) di babak perdelapan final (16 Besar). Selandia Baru sendiri harus puas dengan hasil itu, kendati cukup bisa 'berbangga' pulang sebagai tim yang tak terkalahkan - berbeda dengan tetangganya Australia.

Dari grup E sendiri, yang pertandingannya disiarkan Jumat (25/6) dinihari pukul 01.30 WIB, berita besar lainnya muncul dari salah satu wakil Asia. Jepang akhirnya memastikan ikut maju - menyusul Korsel - ke babak 16 Besar, setelah sukses menekuk tim Dinamit Denmark 3-1. Keunggulan 2-0 sempat dibuat Jepang di babak pertama, lewat gol-gol Keisuke Honda dan Yasuhito Endo. Di penghujung babak kedua, barulah Denmark bisa mengejar (menit ke-81) lewat gol Jon Dahl Tomasson, namun segera pula terpuruk lagi oleh gol Shinji Okazaki pada menit ke-87.

JOHANNESBURG - Tersingkirnya juara bertahan Italia - yang bahkan menduduki posisi juru kunci grup F - mungkin menjadi salah satu berita besar di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News