ITK Hanya Punya 2 Gedung Perkuliahan, Mahasiswa 2.019 Orang

ITK Hanya Punya 2 Gedung Perkuliahan, Mahasiswa 2.019 Orang
Dua gedung yang jadi kampus ITK di Karang Joang, Km 13. Foto: ANGGI PRADITHA/KALTIM POST/JPNN.com

jpnn.com, BALIKPAPAN - Institut Teknologi Kalimantan (ITK) hanya memiliki dua gedung perkuliahan. Padahal, jumlah mahasiswa mencapai 2.019 orang. Jelas, kondisi ini sudah tidak ideal.

Sayangnya, pembangunan gedung belum juga terealisasi. Bahkan, tak ada kucuran anggaran tahun ini.

Kabag Akademik dan Perencanaan ITK, Imam Safi’i menjelaskan, tahun lalu sebenarnya ada kucuran di APBN Perubahan. Namun, alokasi senilai puluhan miliar rupiah itu baru turun pada Oktober.

“Waktu sisa sebulan, akhirnya cuma terpakai untuk membangun fondasi saja. Tutup anggaran, sisa uang harus dikembalikan,” jelasnya.

Sedangkan tahun ini, sama sekali tak ada kucuran dari APBN. Termasuk di APBN Perubahan juga dipastikan nihil.

“Sekarang kami sudah kewalahan. Ruangan kurang, akibatnya yang harusnya pukul 16.00 Wita sudah tak ada perkuliahan, ini masih ada sampai pukul 18.00 Wita,” tambahnya.

Di dua gedung akademik sekarang juga dipakai untuk ruang kantor, laboratorium, perpustakaan, dan ruang jurusan karena belum adanya gedung baru.

Kemudian, menampung mahasiswa dari 13 prodi yang ada, yakni Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Sipil, Teknik Perkapalan, Teknik Material dan Metalurgi, Perencanaan Wilayah dan Kota, Matematika, Fisika, dan Sistem Informasi. Juga tiga prodi baru, Teknik Lingkungan, Teknik Informatika, dan Teknik Industri.

Institut Teknologi Kalimantan (ITK) kekurangan ruangan kuliah. Akibatnya, harusnya pukul 16.00 Wita sudah tak ada perkuliahan, ini masih ada sampai pukul 18.00.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News