Ito: Tak Perlu Ada Satgas Mafia Pemilu

Ito: Tak Perlu Ada Satgas Mafia Pemilu
Ito: Tak Perlu Ada Satgas Mafia Pemilu
JAKARTA- Mantan Kabareskrim Polri Komjen (pol) Ito Sumardi mengatakan wacana pembentukan badan baru berupa Satgas Mafia Pemilu dinilai tidak efektif. Menurutnya pola penanganan pidana pemilu melalui Panwaslu-Bawaslu-Polri saat ini sudah benar.

"Penanganan kasus pilkada ada mekanismenya. Kalau dikatakan lebih baik membuat badan independen saya kira kurang tepat. Undang-undang  mengatakan kalau ada kejadian dilaporkan ke Panwaslu atau Bawaslu. Kalau ada pidana diteruskan ke polisi," ujar Ito Sumardi di Mabes Polri Jakarta, Rabu (6/7).

Wacana pembentukan badan independen baru untuk mengusut dugaan mafia dalam pemilihan umum mengemuka menyusul terkuaknya dugaan pemalsuan surat keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai hasil sengketa pemilu yang diduga melibatkan oknum MK dan KPU.

Sementera di Komisi II DPR RI sendiri telah terbentuk Panitia Kerja (Panja) Mafia Pemilu terkait dugaan pemalsuan yang disebut melibatkan amantan anggota KPU Andi Nurpati. Kasus ini sendiri kini masih ditangani polisi dan telah menetapkan seorang tersangka.

JAKARTA- Mantan Kabareskrim Polri Komjen (pol) Ito Sumardi mengatakan wacana pembentukan badan baru berupa Satgas Mafia Pemilu dinilai tidak efektif.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News