Jabo, Doktor Teknik Kimia UI Termuda Ingin jadi PNS

Jabo, Doktor Teknik Kimia UI Termuda Ingin jadi PNS
Jabosar Ronggur bersama kedua orang tuanya. Foto: Istimewa for JPNN.com

jpnn.com - Jabosar Ronggur, usia 28 tahun, mampu meraih gelar doktor di bidang Teknik Kimia Universitas Indonesia (UI).

Mesya Mohamad, Jakarta

SABTU, 1 September 2018 menjadi hari yang dinantikan 8.177 wisudawan D3 hingga S3 UI. Sekian tahun menuntut ilmu, kini bisa memegang ijazah kesarjanaan.

Dari ribuan wisudawan, ada sosok Jabosar Ronggur. Sepintas tidak ada yang menonjol dari Jabo sapaan karibnya. Cuma dari cara berbicara yang sistematis, kelihatan pria kelahiran Pekanbaru, 18 September 1990 itu cerdas.

Dan, benar saja saat Rektor UI Prof Muhammad Anis mengumumkan wisudawan terbaik, ada nama Jabo di sana. Ya, Jabo adalah lulusan doktor Teknik Kimia UI termuda dan meraih predikat Cumlaude dengan nilai IPK 3,8.

Jabo memang sejak kecil mencintai mata pelajaran IPA terutama Kimia dan Biologi. Menurut lulusan master Universitas Negeri Riau (Unri) ini, dengan menguasai kedua ilmu itu bisa menciptakan produk yang bisa diaplikasikan bagi masyarakat banyak.

Jabo tipe orang yang konsisten. Terbukti saat masuk S1 di Unri pada 2008, dia pilih Teknik Kimia. 2012 lulus dengan IPK 3,4. Kemudian dia melanjutkan S2 tahun 2013 juga jurusan Teknik Kimia Unri.

Dia lulus 2015 dengan predikat cumlaude di mana IPK 3,87. Tahun 2015 masuk S3 jurusan Teknik Kimia dan lulus Maret 2018 predikat cumlaude dengan IPK 3,8.

Usianya masih terbilang muda, Jabosar Ronggur meraih gelar doktor Teknik Kimia di Universitas Indonesia (UI).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News