Sejumlah Kampus Terbaik Indonesia Peringkatnya Melorot

Sejumlah Kampus Terbaik Indonesia Peringkatnya Melorot
Bentuk Pengabdian Mahasiswa UGM Kepada Masyarakat. Foto Radar Jogja/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah kampus papan atas Indonesia peringkatnya melorot dibandingkan tahun lalu. Secara umum masih ada tiga kampus nasional yang masuk top 500 dunia daftar QS University Ranking 2019 yang diterbitkan QS World University Ranking.

Universitas Indonesia (UI) masih menjadi kampus terbaik di Indonesia. Namun peringkat kampus yang berada di Depok itu turun dari ranking 277 tahun lalu, jadi 292 tahun ini. Kemudian Institut Teknologi Bandung (ITB) yang berada di urutan kedua, turun dari peringkat ke-331 dunia menjadi ke-359.

Kampus top lain yang mengalami penurunan adalah Universitas Airlangga (Unair) dari sebelumnya di kelompok peringkat 701-750, turun di kelompok peringkat 751-800.

Sementara itu UGM mengalami kenaikan dari tahun lalu di kelompok posisi 401-410 menjadi peringkat ke-391 tahun ini. Kemudian Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung mengalami kenaikan yang signifikan. Tahun lalu Unpad tidak masuk jajaran 1.000 kampus dunia.

Tapi tahun ini berada di kelompok urutan 651-700. Sementara IPB juga naik dari kelompok peringkat 751-800 menjadi ke kelompok peringkat 701-750.

Rektor Unpad Bandung Tri Hanggono Ahmad cukup antusias menyambut hasil QS 2019 itu. Dia menjelaskan faktor utama yang mengerek posisi Unpad adalah dari indikasi rasio dosen dengan mahasiswa. Faktor lainnya adalah dari aspek reputasi akademik dan reputasi alumni.

Kemudian indikator lain yang belum maksimal adalah performa riset. "Performa riset kami memang belum kuat," jelasnya kemarin (09/06). Performa riset yang masih belum kuat diantaranya terlihat dari tingkat sitasi atau rujukan ke publikasi karya akademisi Unpad masih sedikit.

Sementara itu Rektor Unair Mohammad Nasih mengomentari penurunan peringkat mereka. "Kamis sudah berlari sangat kencang. Tetapi yang lain larinya lebih kencang," tuturnya.

QS World University Ranking mengeluarkan pemeringkatan kampus sedunia terbaru, QS University Ranking 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News