Jadi Cawagub dari PDIP, Anas Dipercaya Pimpin Bamusi Jatim

Jadi Cawagub dari PDIP, Anas Dipercaya Pimpin Bamusi Jatim
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mencium tangan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri setelah ditetapkan sebagai bakal calon wakil gubernur Jawa Timur dari PDIP, Minggu (15/10). Foto: Publicist PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang kini menjadi calon wakil gubernur Jawa Timur dari PDI Perjuangan punya tugas tambahan. Anas yang sudah berstatus sebagai kader PDIP juga dipercaya memimpin Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) Jawa Timur.

Bamusi merupakan sayap organisasi PDIP yang bergerak di bidang keagamaan. Pengumuman Anas sebagai ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Bamusi Jatim dilakukan di kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (15/10).

Wakil Sekretaris Jenderal DPP PDIP Ahmad Basarah mengatakan, ada makna strategis di balik penunjukan Anas sebagai ketua DPD Bamusi Jatim. "Posisi ini memperkukuh kekaderan Azwar Anas sebagai kader PDI Perjuangan," kata Basarah di kantor DPP PDIP.

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengumumkan duet Saifullah Yusuf-Azwar Anas sebabag pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jatim dari partai berlambang kepala banteng itu. Menurut Basarah, perpaduan antara Gus Ipul -panggilan akrab Saifullah- dengan Anas merupakan komitmen PDIP untuk menjadikan pilkada sebagai sarana konsolidasi bangsa.

Jadi Cawagub dari PDIP, Anas Dipercaya Pimpin Bamusi Jatim

Duet Calon Gubernur-Calon Wakil Gubernur Jatim dari PDIP Saifullah Yusuf-Azwar Anas bersama Sekretaris Umum Bamusi di kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (15/10).

Selain itu, kata Basarah, menduetkan Gus Ipul-Anas juga merupakan komitmen PDIP dalam memadukan kekuatan inti bangsa, yaitu perpaduan antara kelompok nasionalis dan Islam. "Ini juga wujud konistensi PDI Perjuangan sebagai partai nasionalis religius dengan mengusung Gus Ipul dan Saudara Azwar Anas sebagai pasangan Merah Putih," tegas Basarah.

Lebih lanjut sekretaris Dewan Penasihat Bamusi itu menambahkan, golongan Islam dan nasionalis ibarat dua rel kereta api yang harus berdampingan dengan kokoh dan seimbang. Jika salah satu rel patah, maka bisa membahayakan kereta api dan mencelakakan penumpangnya.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang kini menjadi calon wakil gubernur Jawa Timur dari PDIP punya tugas tambahan. Anas dipercaya memimpin Bamusi Jatim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News