Jadi Nomor Satu, Mitsubishi Tambah Kapasitas Produksi

Jadi Nomor Satu, Mitsubishi Tambah Kapasitas Produksi
Ilustrasi. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com - Perusahaan otomotif Mitsubishi Motors mengumumkan rencana peningkatan kapasitas produksi serta lokalisasi produksi mesin Mitsubishi Xpander di fasilitas Nissan Motor Indonesia (NMI) mulai tahun fiskal 2020. Itu merupakan tindak lanjut dari aliansi antara Nissan-Renault-Mitsubishi yang sudah terjalin sejak 2016 silam.

Chief Executive Mitsubishi Motors Osamu Masuko menjelaskan bahwa pihaknya akan menggelontorkan investasi JPY 4 miliar atau sekitar Rp 540 miliar untuk mengembangkan fasilitas produksinya di Bekasi. Hal tersebut dilakukan untuk merespons permintaan yang besar terhadap Xpander, baik di pasar domestik maupun ekspor.

Mesin Xpander juga akan diproduksi di NMI, anak perusahaan Nissan Motor Co Ltd di Indonesia. Sinergi itu akan meningkatkan rasio penggunaan suku cadang lokal pada Xpander dari 70 persen menjadi sekitar 80 persen. Pengembangan di fasilitas NMI akan mampu memproduksi 160.000 unit mesin per tahun.

Berdasar data Mitsubishi, Xpander telah membukukan 100.000 angka pemesanan di Indonesia sejak diperkenalkan Agustus 2017 hingga akhir September 2018. Pada Maret dan Juli tahun ini, Xpander menduduki posisi pertama daftar volume penjualan roda empat di Indonesia.

''Selain itu, permintaan dari negara-negara pengekspor seperti Vietnam, Filipina, Bolivia, dan lain-lain juga meningkat. Untuk itu, kami perlu lebih fokus meningkatkan suplai kepada konsumen,'' tambah Osamu.

Dengan investasi Rp 540 miliar tersebut, Mitsubishi bakal mengekspansi kapasitas produksi tahunan saat ini yang mencapai 160.000 unit menjadi 220.000 unit pada tahun fiskal 2020. Perluasan produksi itu juga memberikan tambahan lapangan kerja bagi 800 orang di pabrik Bekasi untuk melengkapi total karyawan mencapai 4.100 orang.

Volume produksi Xpander sendiri akan meningkat dari 115.000 unit menjadi 160.000 unit pada tahun fiskal 2020. Ekspor akan meningkat dari 30.000 unit menjadi 50.000 unit untuk memenuhi permintaan pasar luar negeri, termasuk negara-negara ASEAN.

''Penjualan Mitsubishi di Indonesia menjadi nomor satu di penjualan global mengungguli Tiongkok dan AS. Indonesia menjadi ekspor hub Mitsubishi selain Thailand dan Jepang. Jadi, itu menunjukkan betapa pentingnya market Indonesia,'' ungkap Osamu. (agf/c22/oki)


Sinergi itu akan meningkatkan rasio penggunaan suku cadang lokal pada Xpander dari 70 persen menjadi sekitar 80 persen


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News