Jadi Pangdam Tanjungpura, Toto Prioritaskan Perbatasan dengan Malaysia

Jadi Pangdam Tanjungpura, Toto Prioritaskan Perbatasan dengan Malaysia
Jadi Pangdam Tanjungpura, Toto Prioritaskan Perbatasan dengan Malaysia

jpnn.com - JAKARTA - Mayor Jenderal TNI Toto Rinanto Sudjiman diangkat menjadi Panglima Komando Daerah Militer XII Tanjungpura. Toto menggantikan Mayjen TNI Ibrahim Saleh yang ditarik ke Mabes TNI sebagai Staf Khusus Panglima TNI.

Sebelum menjadi Pangdam XII/Tpr, Mayjen Toto sejak Maret 2014 lalu merupakan pengajar di Lemhanas. Meski kini menjadi Pangdam Tanjungpura, Toto sudah tak asing lagi dengan wilayah Kalimantan Barat. Pasalnya, Toto juga putra Gubernur Kalbar periode 1978-1988, Mayjen (Purn) Soedjiman.

Selan itu, Toto juga pernah menjabat sebagai Komandan Komandor Resor Militer 121 Alam Bhana Wanawai (2010) di Kalbar. Lulusan Akademi Militer 1984 itu punya pengalaman di bidang infanteri. Toto juga pernah menjabat Kepala Staf Garnisun-1/Jakarta, Komandan Rindam Jaya, Staf Ahli KASAD, serta Kasgartap-1 Jakarta.

Kepada JPNN, Kamis (25/9), Toto menyampaikan terima kasihnya kepada Panglima TNI Jenderal Moeldoko karena dipercaya  memimpin Kodam Tanjungpura. “Saya ucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan pimpinan kepada saya untuk memimpim Kodam XII/Tpr yang mencakup Kalbar dan Kalteng. Saya dipercaya kembali ke Kalbar, tentunya saya akan melaksanakan tugas sebaik-baiknya,” kata Toto.

Sebagai Pangdam Tanjungpura yang baru, Toto memang sudah mengenal wilayah Kalbar. Namun, tentara kelahiran 12 Januari 1960 itu masih perlu mengenal lebih dalam tentang wilayah Kalteng.  “Saya akan kuasai Kalteng dulu, mengenal Kalteng,” ujar Toto.

Yang tak kalah penting, Toto juga akan memprioritaskan masalah perbatasan Indonesia-Malaysia di wilayah Kalbar. “Yang penting juga soal perbatasan, tentu saya prioritaskan,” tegasnya.

Toto juga memberi perhatian khusus pada pembenahan internal di jajaran Kodam XII/Tpr.  “Internal tetap berjalan, kita sudah ada aturannya,” kata jenderal bintang dua ini.(boy/jpnn)

 


JAKARTA - Mayor Jenderal TNI Toto Rinanto Sudjiman diangkat menjadi Panglima Komando Daerah Militer XII Tanjungpura. Toto menggantikan Mayjen TNI


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News