Jadi Pejabat, Aktivis Harus Siap Diaudit

Jadi Pejabat, Aktivis Harus Siap Diaudit
Jadi Pejabat, Aktivis Harus Siap Diaudit

jpnn.com - JAKARTA - Bekas Kepala BNP2TKI Jumhur Hidayat mengatakan, seorang aktivis yang masuk dalam lingkaran kekuasan atau menjadi pejabat harus siap diaudit oleh teman-temannya sesama aktivis. Termasuklah dari kalangan aktivisi ProDem, yang menjadi pejabat.

"Harusnya para aktivis ProDem yang masuk dalam lingkaran kekuasaan harus mau diaudit tiap tahun. Setiap tahun lu ngapain aja sih? Saya lahir dari aktivis. Siapapun yang jadi pejabat, suruh di udit oleh teman-teman untuk saling mengkritik," kata Jumhur saat diskusi publik dan halal bihalal bertajuk "Apa 'Mandat' yang Dilakukan Aktivis ProDEM ketika Berkuasa?", di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Kamis (14/8).

Ia mengatakan, para aktivis dan rakyat sudah berhasil memperjuangkan kebebasan berpendapat dan sejajar tanpa intimidasi dalam dunia politik saat rezim orde. Kini, perjuangan para aktivis berubah pola sesuai dengan demokrasi yang telah terbangun

"Aktivis itu pro kepada kesejahteraan rakyat, sebab zaman orde baru sudah dilakukan penerobosan dalam dunia politik," ujarnya.

Sedangkan Ketua Senator ProDem, Ruswandi menegaskan bahwa organisaninya akan mengawal dan memberikan masukan-masukan serta mengkritisi pemerintahan nanti.

"ProDem meminta kepada pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla nantinya untuk bersungguh-sungguh memberantas pemburu rente dan orang rakus dalam pemerintahannya," katanya dalam diskusi yang sama.

Dia mengingatkan, pemerintah dan petinggi republik yang lalu, selalu mengulangi kesalahan-kesalahan terdahulu. Khususnya tentang impor pangan dan bahan bakar minyak.

Di lain pihak, ia melanjutkan, setiap rezim selalu mengeluh tentang beratnya beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara untuk sektor-sektor menanggulangi impor yang dijadikan tameng.

JAKARTA - Bekas Kepala BNP2TKI Jumhur Hidayat mengatakan, seorang aktivis yang masuk dalam lingkaran kekuasan atau menjadi pejabat harus siap diaudit

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News