Jadi Pengusaha tak Harus Modal Besar

Jadi Pengusaha tak Harus Modal Besar
Jadi Pengusaha tak Harus Modal Besar
MAKASSAR - Orang sering salah kaprah bahwa menjadi pengusaha itu harus memiliki modal besar. Padahal itu tidak benar. Buktinya, banyak orang menjadi pengusaha tanpa modal. Kompetensi dan kepercayaan justru menjadi modal utama.

   

Hal itu disampaikan Bachtiar Adnan Kusuma  saat menjadi pembicara di acara seminar entrepreneur di Training Center Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, Minggu (16/12). Bachtiar yang dikenal penulis dan pengusaha penerbitan buku itu menceritakan semula dia tidak punya modal. Dia hanya memberikan kepercayaan kepada orang yang mau dituliskan ataupun penerbit bahwa ia  akan menyelesaikan sesuai dengan waktu yang ditentukan.

   

"Waktu tanda tangan kontrak, saya minta dulu uang muka dari kontrak itu. Dari uang muka itulah saya jadikan modal," jelasnya.

   

Bachtiar juga mengimbau kepada peserta yang dihadiri sebagian besar mahasiswa agar memulai usaha yang harus dimiliki adalah keberanian. Tanpa keberanian, kata dia mustahil untuk memulai usaha. Setelah ada keberanian untuk menjadi pengusaha yang harus dilakukan adalah fokus terhadap usaha apa yang ingin ditekuninya.

   

MAKASSAR - Orang sering salah kaprah bahwa menjadi pengusaha itu harus memiliki modal besar. Padahal itu tidak benar. Buktinya, banyak orang menjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News