Jadi Rumah Sakit Rujukan Gagal Ginjal Akut, RSMH Palembang Bentuk Tim Khusus

Jadi Rumah Sakit Rujukan Gagal Ginjal Akut, RSMH Palembang Bentuk Tim Khusus
Kemenkes tunjuk Rumah Sakit Umum Mohammad Hoesin Palembang sebagai rumah sakit rujukan penanganan gagal ginjal akut. Foto: Antara

jpnn.com, PALEMBANG - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menunjuk 14 rumah sakit sebagai rujukan penanganan gagal ginjal akut. 

Adapun14 rumah sakit yang ditunjuk tersebut, Rumah Sakit Umum Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang menjadi salah satunya.

Penunjukkan RSMH Palembang sebagai rumah sakit rujukan penanganan gagal ginjal akut pada anak sesuai Surat Edaran Kemenkes nomor SR.01.05/III/3461/2022 yang ditandatangani langsung oleh Plt Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, Murti Utami, pada Selasa (18/10) lalu.

Dokter Spesialis Anak bagian Nefrologi, RSMH Palembang Eka Intan mengungkapkan setelah menerima intruksi dari Kemenkes menjadi pusat layanan kesehatan penanganan gagal ginjal akut pada anak, RSMH Palembang mulai melengkapi fasilitas yang dibutuhkan seperti ruang insentif khusus kasus tersebut.

"Kami sudah bentuk tim AKI (Acute Kidney Injury) Progresif Atipikal sebagai upaya lebih lanjut dengan fasilitas hemodialisis yang tersedia," ungkap Intan, Kamis (20/10).

Nantinya, kata Intan, tim AKI tersebut akan bekerjasama dengan unit dialisis dan instansi kesehatan seperti Dinkes Sumsel dan BPOM.

Adapun teknis kinerja tim penanganan gagal ginjal akut pada anak di RSMH Palembang akan dibagi sesuai tupoksi masing-masing stakeholder dan berdasarkan kebutuhan tindak lanjut dari hasil pemeriksaan pasien.

"Untuk tugas saat ini masih melakukan kajian mengenai tupoksi tim. Tapi yang penting adalah kami akan terus melakukan penanganan," kata Intan. (mcr35/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

Kemenkes tunjuk Rumah Sakit Umum Mohammad Hoesin Palembang sebagai rumah sakit rujukan penanganan gagal ginjal akut


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Cuci Hati

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News