Jadikan Agama Sebagai Alat Pemersatu

Jadikan Agama Sebagai Alat Pemersatu
Siti Musdah Mulia. Foto: Istimewa for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Yayasan Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP) Siti Musdah Mulia meminta kepada masyarakat untuk memaknai agama sebagai alat pemersatu antarumat guna mewujudkan perdamaian dan persatuan.

“Kita beragama itu salah satu tujuannya untuk kemanusiaan,” ujar Siti, Kamis (27/12).

Dia menambahkan, umat beragama harus selalu menjaga hubungan dengan Tuhan, sesama manusia, dan mahkluk-mahkluk lain.

"Saya pikir Islam itu benar-benar bagaimana menjaga agar agama ini menjadi benar-benar rahmat, bukan bencana bagi sesama mahkluk,” kata Guru Besar Pemikiran Politik Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu.

Dia mengakui selama ini ada kelompok yang suka memakai bungkus agama dalam mengampanyekan sesuatu yang dapat memecah belah persatuan umat manusia.

Karena itu, dirinya meminta kepada masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi dengan alasan agama.

“Mari kita mengajarkan agama secara baik dan benar. Ini penting dalam membangun sebuah budaya baru melalui pendidikan dalam arti yang seluas-luasnya," kata Siti.

Dia menambahkan, pendidikan agama sangat penting karena bertujuan mengasihi, membangun kasih sayang, bukan untuk saling mencaci maki dan perbedaan agama juiga bukan untuk saling memusuhi.

Siti Musdah Mulia meminta kepada masyarakat untuk memaknai agama sebagai alat pemersatu antarumat guna mewujudkan perdamaian dan persatuan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News