Jadwal Pemulangan Jemaah Haji Diundur 2 Hari

Jadwal Pemulangan Jemaah Haji Diundur 2 Hari
Jadwal Pemulangan Jemaah Haji Diundur 2 Hari
JAKARTA - Setelah resmi menyandang status haji, jemaah asal Indonesia akan kembali ke tanah air pada 2 Desember 2009. Jadwal pemulangan itu diundur dua hari dari jadwal semula yang seharusnya 30 Nopember 2009. Penundaan itu karena masih dilakukan perbaikan lima pintu (gate) bandara internasional King Abdul Aziz (KAA) Jedah.

“Semua jadwal pemulangan diundur dua hari. Mestinya diterbangkan ke tanah air tanggal 30 Nopember diundur menjadi 2 Desember, tiba di tanah air tanggal 3 Desember. Tapi, pemulangan terakhir tetap 31 Desember 2009,” kata Sekjen BPIH Depag RI, Abdul Ghafur Djawahir di Jakarta, Jumat (27/11).

Pemulangan tetap dilakukan 31 Desember, alasannya karena ada pintu bandara KAA yang kosong setelah pekan pertama. Itu karena jemaah asal Asia Tengah dan Asia Barat seperti Afganistan, Pakistan, dan Turki sudah pulang ke negaranya. “Jemaah Indonesia kan jauh lebih banyak dari jemaah mereka. Jemaah kita lebih dari 208 ribu orang, dari mereka hanya berapa ribu saja,” terang dia.

Alasan lain, lanjut Ghafur, karena lebih dari seratus jemaah asal Indonesia meninggal dunia di tanah suci, baik di Jedah, Madinah, maupun di Mekah. “Otomatis kursi yang kosong bisa diisi jemaah lain. Jadwal penerbangan sudah kami atur kembali,” bebernya.(gus/JPNN)

JAKARTA - Setelah resmi menyandang status haji, jemaah asal Indonesia akan kembali ke tanah air pada 2 Desember 2009. Jadwal pemulangan itu diundur


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News