Jadwal Vaksinasi Tahap Ketiga Kemungkinan Molor

Jadwal Vaksinasi Tahap Ketiga Kemungkinan Molor
Vaksin buatan AstraZeneca. Foto: Reuters/Peter Cziborra

jpnn.com, JAKARTA - Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 tahap ketiga kemungkinan bergulir pada Juni atau Juli 2021 akibat pengaruh embargo terhadap produk vaksin AstraZeneca di India.

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, semula pelaksanaan vaksinasi tahap ketiga dilakukan mulai Mei 2021

"Kalau sesuai petunjuk teknis (juknis) penanggulangan COVID-19 per tanggal 18 Februari, maka untuk tahap ke tiga dimulai Mei 2021," kata Siti Nadia Tarmizi melalui pesan singkat di Jakarta, Kamis (1/4) sore.

Siti Nadia mengatakan, karena muncul keputusan embargo dari negara India terhadap vaksin AstraZeneca di bulan April 2021, maka pelaksanaan vaksinasi tahap ketiga di Indonesia pada Mei 2021, kemungkinan baru terlaksana pada Juni 2021.

Stok vaksin Corona AstraZeneca sekitar 10 juta dosis untuk Indonesia terpaksa ditunda akibat situasi tersebut dan diperkirakan diterima oleh Indonesia pada Mei 2021.

"Ada penundaan AstraZeneca di bulan April, maka kemungkinan kita akan mulai pada bulan Juni. Tapi ini masih kemungkinan, kita lihat ketersediaan vaksin," katanya.

India selaku pembuat vaksin terbesar di dunia menghentikan sementara ekspor vaksin AstraZeneca yang diproduksi oleh Serum Institute of India (SII), karena para pejabat fokus untuk memenuhi permintaan domestik yang meningkat.

The Serum Insitute akan mengirimkan 90 juta dosis vaksin untuk COVAX selama Maret dan April.

Akibat pengaruh embargo terhadap produk vaksin AstraZeneca di India, pelaksanaan vaksinasi tahap ketiga kemungkinan molor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News