Jafar Resmi Pimpin Demokrat di Senayan

Jafar Resmi Pimpin Demokrat di Senayan
Jafar Resmi Pimpin Demokrat di Senayan
JAKARTA - Wakil Ketua Komisi IV Muhammad Jafar Hafsah, akhirnya resmi menggantikan posisi Anas Urbaningrum sebagai Ketua Fraksi Partai Demokrat (PD). Terpilihnya Jafar secara resmi disampaikan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) selaku Ketua Dewan Pembina. “Benar, semalam ada penyampaian secara resmi dari Pak SBY bahwa Pak Jafar sebagai ketua fraksi di Cikeas,” Kata Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Max Sopacua, kepada INDOPOS (grup JPNN), Minggu (15/8).

Menurut Max, dalam rapat terbatas itu tidak memilih Jafar Hafsah, melainkan hanya penyampaian resmi dari SBY dari apa yang sudah ditentukan beberapa hari sebelumnya. “Ingat, dalam hal ini jangan salah persepsi. Jafar sudah resmi ditunjuk beberapa hari sebelumnya oleh Pak SBY bersama beberapa elite partai. Dan pada malam Minggu ini hanya bersifat penyampaian resmi saja dari Pak SBY,” kata Max.

Menurut dia, salah satu acuan partai memilih Jafar Hafsah adalah pesan dari SBY yang  menginginkan agar ketua fraksi nanti mampu bersinergi dengan fraksi-fraksi lain di DPR dan pimpinan dewan. Ketua Fraksi Demokrat juga diharapkan mampu menjalin komunikasi yang baik di luar lingkungan DPR.

Sebab, fraksi merupakan perpanjangan tangan partai, sehingga penentuan Jafar Hafsah bukan melalui mekanisme seperti dalam kongres. “Itu acuan dari Pak SBY. Semua orang bisa melakukan tugas itu, tetapi tidak mungkin semua orang menjadi ketua,” ujar mantan wartawan ini.

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi IV Muhammad Jafar Hafsah, akhirnya resmi menggantikan posisi Anas Urbaningrum sebagai Ketua Fraksi Partai Demokrat (PD).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News