Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut Selama Berpuasa dengan Siwak

Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut Selama Berpuasa dengan Siwak
ilustrasi pria tengah membersihkan gigi dengan kayu siwak. Foto: Boldysky

jpnn.com, JAKARTA - Saat berpuasa, menjaga kesehatan gigi dan mulut tetap harus diperhatikan. 

Alangkah baiknya bila bahan dan kandungan yang digunakan saat membersihkan gigi sebisa mungkin mengikuti anjuran Nabi Muhammad SAW.

Salah satunya dengan menggunakan siwak, salah satu bahan alami yang dipercaya untuk mengatasi masalah ksehatan mulut dan gigi.

Tanaman dengan batang bengkok berbau khas ini efektif dalam menghilangkan endapan plak dan menjaga kebersihan mulut.

Siwak berasal dari tanaman yang disebut salvadore persica yang tumbuh di sekitar Mekkah dan di Timur Tengah. Beberapa hadits menyebutkan manfaat siwak dalam menjaga kebersihan mulut.

Oleh karena itu, siwak telah digunakan secara luas di kalangan umat Islam sejak Nabi Muhammad SAW, seperti ada tertulis dalam Hadits Riwayat Bukhari, “Dari Hudzaifah ibnul Yaman Radhiyallahu ‘anhu, dia pun berkata: Adalah Rasulullah jika bangun dari malam dia mencuci menggosok mulutnya (dengan) siwak.”

Dari segi medis, Dokter Gigi dan Dosen Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Indonesia drg. Nada Ismah, Sp.Ort, menjelaskan, penggunaan siwak sejak jaman dahulu memiliki alasan yang tepat. Maka sudah saatnya kembali ke alam. Apa saja manfaat siwak?

1. Pembersih Gigi Alami

Saat berpuasa, menjaga kesehatan gigi dan mulut tetap harus diperhatikan. Sebisa mungkin mengikuti anjuran Nabi Muhammad SAW dengan menggunakan siwak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News