JPNN.com

Jaga Persatuan Berlandaskan Semangat Bhinneka Tunggal Ika

Senin, 21 Agustus 2017 – 21:47 WIB Jaga Persatuan Berlandaskan Semangat Bhinneka Tunggal Ika - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Salah satu upaya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa yang berladaskan semangat Bhinneka Tunggal Ika perlu ditanamkan sejak dini. Terutama di lingkungan pendidikan untuk mengajarkan etika dan moral berbangsa dalam kemajemukan dan menghormati sesama golongan serta memiliki jiwa patriotisme.

Hal tersebut dikatakan Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan saat menjadi narasumber diskusi media dalam Forum Medan Merdeka 9 dengan tema “Upaya Memperkuat Persatuan dan Kesatuan” bertempat di Ruang Serbaguna Kemenkominfo, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (21/8/2017).

Jaga Persatuan Berlandaskan Semangat Bhinneka Tunggal Ika

Selanjutnya, Kasum TNI menyampaikan perlunya penguatan etika dan moral di lembaga pendidikan karena saat ini bangsa Indonesia menghadapi tantangan dengan munculnya isu SARA, separatisme, terorisme, radikalisme dan sebagainya, yang merongrong keutuhan NKRI.

“Tantangan tersebut bisa ditangkal jika bangsa Indonesia bisa saling menghormati perbedaan-perbedaan yang ada,” tegasnya.

Menurutnya, bangsa Indonesia mempunyai corak budaya yang sangat beragam, justru kekayaan keberagaman ini harus merupakan bagian kekuatan kita untuk terus bersatu, jika zaman dahulu bisa sekarang juga harus bisa, kuncinya ada di persatuan dan kesatuan.

Kasum TNI mengatakan upaya untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan di bidang pertahanan dan keamanan adalah dengan melaksanakan pembangunan kekuatan militer yang diselaraskan dengan kebijakan Presiden RI Joko Widodo yaitu melalui kegiatan membangun dari wilayah pinggiran dan pulau terluar.

“TNI bekerja sama dengan Kementerian seperti pembangunan jalan di perbatasan, pos dan patok perbatasan, pembangunan satuan-satuan TNI di daerah perbatasan yang semuanya dilakukan secara serentak,” ungkapnya.(fri/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...