Jakarta Canangkan Zero AIDS 2030

Jakarta Canangkan Zero AIDS 2030
HIV AIDS. Foto: Health

jpnn.com, JAKARTA - Jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melakukan program fast track untuk membasmi total AIDS di ibu kota. Ditargetkan pada 2030 Jakarta terbebas dari HIV/AIDS.

Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Arifin mengatakan, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Jakarta Selatan yang bertugas memberikan edukasi kepada masyarakat akan bahaya AIDS dan bagaimana menghindarinya.

Sehingga upaya pencegahan yang dilakukan Pemprov DKI diantaranya melalui aksi door to door melayani dan mendatangi langsung para penderita HIV/AIDS. Dalam aksinya, lokja-pokja yang tersebar di Jakarta rutin menggelar sosialisasi serta pembekalan kepada pengidap HIV/AIDS.

"Hapus stigma negatif terhadap penderita HIV/AIDS dan jangan mereka dikucilkan," sebut Arifin. Untuk data kasus HIV/AIDS di Jakarta Selatan sendiri, Arifin mengaku belum menerima data perbandingan berapa jumlah kasus yang ada dari KPAP DKI Jakarta.

Namun yang pasti, sambung Arifin, kita lakukan pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS. "Semisal, di Puskesmas petugas memberikan layanan dengan orang HIV/AIDS (ODHA). Kita ingin mereka melakukan pemeriksaan VCT diambil sample darahnya apakah positif atau negatif menderita HIV," tandasnya. (ibl)


Jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melakukan program fast track untuk membasmi total AIDS di ibu kota


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Indopos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News