Jaksa dan Polisi Masih Loyo, KPK Dipertahankan

Jaksa dan Polisi Masih Loyo, KPK Dipertahankan
Jaksa dan Polisi Masih Loyo, KPK Dipertahankan
JAKARTA--Keberadaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih bakal berumur panjang. Pasalnya, sebagai lembaga non struktural (LNS), peran dan fungsi KPK masih sangat dibutuhkan masyarakat dalam pemberantasan tindak pidana korupsi.

"Sebenarnya kalau mau membubarkan KPK dalam setahun pun bisa. Tapi, apakah lembaga penegak hukum kita (kejaksaan dan kepolisian, red) sudah dipercaya masyarakat? Kan tidak," ujar Deputi Kelembagaan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Ismadi Ananda di Jakarta, Sabtu (14/5).

Dengan rendahnya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Kejaksaan dan Kepolisian dalam menangani kasus korupsi, lanjutnya, membuat pemerintah akan tetap mempertahankan KPK.

Seharusnya, masalah penegakan hukum akan beres hanya sampai di tingkat menteri atau setingkat saja. Ini agar tugas kementerian/lembaga lebih maksimal dan tidak ada tumpang tindih fungsi dengan lembaga non struktural. Lantaran fungsi kementerian/lembaga belum optimal menyebabkan, presiden membentuk lembaga baru yang tugasnya lebih spesifik seperti KPK.

JAKARTA--Keberadaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih bakal berumur panjang. Pasalnya, sebagai lembaga non struktural (LNS), peran dan fungsi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News