Jalan Inspeksi Kanal Banjir Barat Kembali Dikuasai PKL

Jalan Inspeksi Kanal Banjir Barat Kembali Dikuasai PKL
Pedagang Kaki Lima menggelar barang dagangannya di trotoar Jalan Kebon Jati, Pasar Tanah Abang, Jakarta, Sabtu (23/12). Banyaknya PKL yang berjualan di trotoar membuat pejalan kaki sulit untuk berjalan. Foto : Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah jalan inspeksi di Jakarta Barat saat ini tidak sesuai fungsi dan tujuannya. Sebab, Jalan inspeksi sudah banyak yang digunakan untuk pedagang kaki lima (PKL) serta parkiran sepeda motor serta mobil.

Seperti yang terlihat di Jalan Inspeksi Kanal Banjir Barat (KBB) Palmerah, Jakarta Barat. Dari pinggir Jalan KS Tubun, Kota Bambu Selatan, terlihat PKL dengan leluasa membuka lapaknya. Keberadaan PKL itu tepat di sebelah Museum Tekstil Jakarta.

Kondisi tersebut juga terjadi di sepanjang Jalan Banjir Kanal sampai Jalan Tomang Banjir Kanal, Palmerah. Terlihat sepanjang itu sepeda motor dan mobil berjejer. Kondisi tersebut membuat jalan menjadi sempit dan kerap terjadi kemacetan apabila ada dua mobil melaju dari arah yang berbeda.

Sedangkan di wilayah Tambora, tepatnya Jalan Jembatan 2 terlihat kondisi yang serupa. Bahkan sepanjang jalan yang menghubungkan Season City ke Kalijodo ini tidak dapat dilintasi mobil. Sebab, masyarakat memarkirkan kendaraannya serta gerobak dagangannya di jalan inspeksi tersebut. Melihat kondisi tersebut, hampir Jalan inspeksi di Jakarta Barat beralih fungsi menjadi halaman rumah serta tempat parkir.

Kondisi ini dikeluhkan oleh Yon Kums, 40, karyawan swasta, pengendara sepeda motor. Dia mengatakan, saat masih baru dibuat jalan inspeksi kondisinya masih sepi. Namun lambat laun, kondisi di sepanjang jalan Jembatan 2 itu menjadi semrawut dan kumuh. Dimana, warga memarkirkan kendaraan serta gerobak di jalan tersebut.

"Dulu nggak begini amat. Ini mah udah parah. Mobil aja udah ngga bisa lewat," keluh Yon.

Yon Kums berharap, pemerintah secepatnya mengambil tindakan tegas. Apabila dibiarkan berlarut-larut, masyarakat akan lebih sulit ditertibkan. "Kalau bisa secepatnya lah ditindak. Jangan kelamaan dibiarkan, nanti malah sulit," katanya.

Saat dikonfirmasi, Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Barat, Imron Syahrin mengatakan, fungsi inspeksi sebenarnya berfungsi sebagai jalan alternatif dan lintasan alat berat saat dilakukan pengerukan. Hanya saja, pembebasan lahan belum tuntas semua, sebagian warga masih ada yang mengaku miliknya.

Sejumlah jalan inspeksi di Jakarta Barat saat ini tidak sesuai fungsi dan tujuannya. Sebab, Jalan inspeksi sudah banyak yang digunakan PKL

Sumber Indopos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News