Jalan Lingkar Samosir dan Danau Toba Didanai APBN

Jalan Lingkar Samosir dan Danau Toba Didanai APBN
Jalan Lingkar Samosir dan Danau Toba Didanai APBN

jpnn.com - JAKARTA - Saat ini, anggota Komisi V DPR Anton Sihombing sedang memperjuangkan anggaran untuk pembangunan Jalan Lingkar Samosir sepanjang 145 KM, agar bisa masuk dalam alokasi RAPBN 2016, pos Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera).

Anton mengatakan, jika nantinya disetujui menjadi jalan nasional, maka Pemprov Sumut tidak perlu lagi memikirkan dana pembangunan Jalan Lingkar Samosir dimaksud.

"Itu nanti jadinya dana dari APBN, bukan lagi dari provinsi," ujar Anton kepada JPNN kemarin (15/9).

Sebenarnya, pada pekan lalu kepada koran ini Anton sudah menyampaikan perjuangannya terkait pembangunan Jalan Lingkar Samosir dimaksud. Hanya saja, saat itu Anton belum mau memberikan keterangan detil, dengan alasan takut usulannya itu "diserobot" pihak lain. Maklum, di Senayan sendiri masing-masing anggota DPR berupaya memperjuangkan anggaran untuk daerah asalnya.

Saat itu, Anton menyebut perkiraan awal pekan ini sudah ada kepastian sehingga bisa disampaikan ke publik lewat koran ini. Rupanya, hingga kemarin belum klir juga terkait dengan alokasi anggarannya. Karena itu, Anton juga belum mau membeber anggaran yang diusulkan untuk pembangunan jalan dimaksud. Alasannya sama, jangan sampai usulan anggaran itu "ditelikung" pihak lain.

"Anggarannya masih dibahas, belum klir. Ini akan dibahas hingga 23 Oktober," terang politikus Partai Golkar yang duduk di komisi yang membidangi infrastruktur itu.

Selain Jalan Lingkar Samosir, Anton mengatakan, dirinya juga mengusulkan anggaran di RAPBN 2016 untuk peningkatan jalan nasional Lingkar Danau Toba, sepanjang 345 kilometer.

Dijelaskan, pihaknya serius memperjuangkan Jalan Lingkar Danau Toba ini, lantaran destinasi wisata andalan Sumut itu infrastrukturnya masih buruk. "Kita prihatin, infrastuktur Danau Tba tidak mendukung upaya pengembangannya sebagai obyek wisata level internasional," terangnya.

JAKARTA - Saat ini, anggota Komisi V DPR Anton Sihombing sedang memperjuangkan anggaran untuk pembangunan Jalan Lingkar Samosir sepanjang 145 KM,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News