Jalan Panjang dan Berat Indonesia Menuju Putaran Final Piala Asia 2023, Begini Skenarionya

Jalan Panjang dan Berat Indonesia Menuju Putaran Final Piala Asia 2023, Begini Skenarionya
Skuad timnas Indonesia berpose sebelum laga melawan Taiwan di play off Kualifikasi Piala Asia 2023. Foto: (PSSI)

jpnn.com, JAKARTA - Timnas Indonesia telah melalui play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 dengan mulus usai menang agregat 5-1 (2-1 dan 3-0) atas Taiwan.

Meski melaju ke babak kualifikasi, perjalanan Indonesia untuk menembus putaran final masih panjang.

Skuad Garuda harus tampil di putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Dengan status tim lolos play-off, Indonesia dipastikan berada di pot undian pembagian grup kualifikasi bersama tim-tim lemah lainnya.

Artinya, ada potensi negara-negara kuat bakal menjadi lawan tim Merah Putih selesai undian nanti.

Berdasarkan situs AFC, dijelaskan ada 24 tim yang akan berjuang di putaran ketiga kualifikasi. Ke-24 tim tersebut bakal dibagi ke dalam enam grup.

Indonesia besar kemungkinan berada di pot empat bersama Nepal, Mongolia, Bangladesh, Sri Lanka. Satu tim lainnya yang bakal berada di pot empat, yaitu Kamboja atau Guam yang sama-sama masih berjuang di play-off.

Dengan demikian, pada putaran ketiga kualifikasi nanti, Indonesia sangat mungkin bertemu tim kuat yang mendapat pot tiga, dua dan juga satu

Meski demikian, peluang bagi Timnas Indonesia untuk bergeser ke satu pot di atasnya, yakni pot tiga, masih terbuka. Syaratnya, ada kenaikan ranking yang signifikan dari Skuad Garuda.

Timnas Indonesia belum bisa puas meskipun sudah lolos dari play-off usai membenamkan Taiwan. Evan Dimas dkk harus berjuang di putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News