Jalan Tol Ini akan Terkoneksi hingga ke KSPN Danau Toba

Jalan Tol Ini akan Terkoneksi hingga ke KSPN Danau Toba
Pekerja tampak berada di jalur pembangunan jalan tol Medan-Tebing Tinggi, di Deli Serdang, Selasa (13/6). Foto: SUTAN SIREGAR/SUMUT POS

jpnn.com, MEDAN - Presiden Joko Widodo akan meresmikan ruas tol Medan-Kualanamu-Tebingtinggi sepanjang 61,72 km dalam pekan ini.

Selesainya pembangunan kedua ruas tol ini menambah panjang jalan tol di Indonesia yang ditargetkan bertambah 1.800 km dalam periode 2015-2019.

Kehadiran tol itu akan meningkatkan konektivitas sehingga memperlancar distribusi dan menurunkan biaya logistik barang dan jasa.

Tol itu semakin memperkuat struktur kawasan perkotaan metropolitan Medan-Binjai- Deli Serdang-Karo sebagai metropolitan terbesar ketiga di Indonesia.

Tol itu juga sekaligus menghubungkan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi nasional di bagian barat.

Seperti kawasan industri Medan, Bandara Kualanamu, Pelabuhan Kuala Tanjung, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkae, serta akses menuju Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba, karena akan terkoneksi dengan Tol Tebing Tinggi-Pematangsiantar-Parapat.

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja mengatakan, untuk ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi peresmiannya tinggal menunggu jadwal Presiden saja.

Semua sudah siap seratus persen termasuk rambu, marka jalan, dan infrastruktur pendukung jalan tol juga telah dipasang sempurna.

Presiden Joko Widodo akan meresmikan ruas tol Medan-Kualanamu-Tebingtinggi sepanjang 61,72 km dalam pekan ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News